Sebutkan perbedaan sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis!

Sebutkan perbedaan sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis!

Jawab :

Perbedaan sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis :

1. Sinartrosis adalah hubungan antartulang yang tidak memungkinkan untuk terjadinya gerakan sama sekali.

2. Amfiartrosis adalah hubungan antartulang yang memungkinkan untuk terjadinya gerakan yang terbatas.

3. Diartrosis adalah hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerakan secara leluasa.

Penjelasan :

Sendi merupakan penghubung antartulang, sehingga tulang dapat digerakkan. Gerakan tulang yang dihubungkan oleh sendi tersebut diikat oleh sebuah jaringan yang disebut ligamen.

Persendian merupakan hubungan antartulang pada rangka tubuh. Hubungan antartulang ini disebut artikulasi.

Gerakan pada persendian dibantu oleh minyak sendi yang dinamakan cairan sinovia. Apabila minyak sendi tersebut habis, maka akan mengakibatkan rasa sakit luar biasa saat tulang kita digerakkan.

Berdasarkan sifat geraknya, sendi dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis, yaitu sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis.

1. Sinartrosis

Sinartrosis merupakan persendian yang tidak memungkinkan terjadinya pergerakan sama sekali, sehingga disebut juga dengan sendi mati.

Terdapat dua macam sinartrosis, yaitu sinkondrosis dan sinfibrosis. Sinkondrosis, jika antara kedua ujung tulang rawan (kartilago), contohnya hubungan antarsegmen pada tulang belakang.

Sinfibrosis, apabila kedua ujung tulang dihubungkan oleh serabut jaringan ikat, misalnya persendian tulang tengkorak.

2. Amfiartrosis

Amfiartrosis adalah bentuk hubungan antartulang oleh tulang rawan yang menyebabkan ada sedikit gerakan. Amfiartrosis dibedakan menjadi dua, yaitu simfisis dan sindesmosis.

Simfisis merupakan persendian yang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan yang tipis, misalnya pada tulang kemaluan dan sendi antar tulang belakang.

Sedangkan sindesmosis adalah persendian yang dihubungkan oleh banyak jaringan ikat, contohnya sendi antar tibia dan fibula.

3. Diartrosis

Diartrosis adalah bentuk hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerakan, sehingga disebut juga sendi gerak. Gerakan tersebut dapat terjadi secara satu arah, dua arah, atau bahkan ke segala arah.

Tinggalkan Balasan