Sebutkan Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca!

Sebutkan Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca!

Jawab :

Penyebab terjadinya efek rumah kaca adalah meningkatnya konsentrasi karbondioksida (CO2) dan gas-gas lain di atmosfer, sehingga suhu Bumi mengalami peningkatan secara global.

Penjelasan :

Efek rumah kaca merupakan proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer Bumi memerangkap panas. Efek rumah kaca juga dapat diartikan sebagai proses naiknya suhu bumi yang disebabkan perubahan komposisi atmosfer.

Kondisi tersebut menyebabkan sinar matahari tetap berada di bumi dan tidak dapat dipantulkan secara sempurna, keluar atmosfer.

Pada atmosfer Bumi, banyak terdapat gas-gas rumah kaca alami. Gas rumah kaca tersebut membiarkan cahaya Matahari masuk ke dalam Bumi, akan tetapi gas tersebut memantulkannya kembali ke permukaan bumi.Akibatnya, kondisi Bumi tetap dalam keadaan hangat seperti halnya rumah yang dindingnya terbuat dari kaca.

Efek rumah kaca pertama kali dikenalkan pada tahun 1824 oleh ilmuwan yang bernama Joseph Fourier.

Joseph Fourier Fourier menganggap bahwa efek rumah kaca adalah proses pemanasan yang disebabkan oleh komposisi atmosfer.

Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca

Faktor utama yang memicu terjadinya efek rumah kaca adalah meningkatnya konsentrasi karbondioksida (CO2) dan gas-gas lain di atmosfer.

Peningkatan karbondioksida (CO2) di Bumi banyak disebabkan oleh pembakaran bahan bakar minyak, batubara, dan bahan sejenisnya  yang melebihi kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Energi yang masuk ke Bumi, 25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer, 25% diserap awan, 45% diserap permukaan Bumi, dan 10% dipantulkan kembali oleh permukaan Bumi

Energi yang diserap oleh Bumi dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh awan dan permukaan Bumi.

Akan tetapi, sebagian besar inframerah yang dipancarkan Bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, untuk dikembalikan ke permukaan Bumi

Pada keadaan normal, efek rumah kaca sangat diperlukan Bumi. Adanya efek rumah kaca menyebabkan perbedaan suhu antara siang dan malam di Bumi tidak terlalu jauh berbeda.

Pada dasarnya efek rumah kaca merupakan fenomena alam yang wajar, akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah fenomenanya yang berjalan begitu cepat.

Fenomena efek rumah kaca yang sangat cepat dapat mengakibatkan berbagai kerusakan di permukaan bumi.

Efek rumah kaca dapat mengancam kehidupan manusia, merusak ekosistem, dan juga merusak keseimbangan lingkungan.

Berkurangnya kemampuan lingkungan dalam menyerap karbondioksida di atmosfer akibat efek rumah kaca berdampak pada kondisi tersebut.

Tinggalkan Balasan