Sebutkan pengertian hujan asam dan jelaskan proses terjadinya!

Sebutkan pengertian hujan asam dan jelaskan proses terjadinya!

Jawab :

Hujan asam adalah segala jenis hujan yang mengandung asam dengan derajat keasaam (pH) di bawah 5,6.

Proses terjadinya hujan asam berlangsung seperti pada siklus hujan pada umumnya, melalui tahap evaporasi (penguapan), kondensasi (pembentukan awan), dan presipitasi (turunnya air hujan).

Akan tetapi, uap air yang naik ke udara telah bereaksi dengan bahan pencemar, yaitu gas NOx dan SO2 sehingga embentuk asam nitrat (HNO3) dan asam sulfat (H2SO4).

Penjelasan :

Hujan asam mempunyai pengertian sebagai segala bentuk hujan yang memiliki tingkat keasaman atau pH di bawah normal, yakni kurang dari 5,6.

Pada proses terbentuknya hujan asam, evaporasi berlangsung seperti siklus air hujan pada umumnya. Uap air hasil evaporasi juga akan naik ke atmosfer.

tetapi karena adanya pencemaran udara oleh gas NOx dan SO2, maka uap air tersebut kemudian bereaksi dengan gas NOx dan SO2 membentuk asam nitrat (HNO3) dan asam sulfat (H2SO4).

Asam-asam ini kemudian bergabung dengan uap air membentuk awan. Awan yang mengandung asam ini akan berkumpul awan-awan lain hingga terjadi presipitasi. Presipitasi inilah yang disebut dengan hujan asam.

Istilah hujan asam pertama kali dicetuskan oleh Robert Angus Smith pada tahun 1872. Smith menemukan hujan asam di kota Manchester, Inggris, yang menjadi kota penting dalam Revolusi Industri.

Robert Angus Smith menemukan hubungan antara hujan asam dengan pencemaran udara 20 tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 1852.

Dirinya mengamati bahwa hujan asam dapat mengarah pada kehancuran alam dan kehidupan manusia. Smith kemudian menjelaskan fenomena hujan asam pada bukunya yang berjudul “Air and Rain: The Beginnings of Chemical Technology“.

Hujan asam tidak hanya turun sebagai butiran air saja, akan tetapi dapat berupa salju maupun kabut.

Istilah hujan asam juga digunakan sebagai istilah umum untuk mendeskripsikan semua material asam, baik kering maupun basah yang jatuh dari atmosfer. Dengan demikian dikenal adanya deposisi basah dan deposisi kering.

Hujan asam yang turun dalam bentuk hujan, salju, maupun kabut disebut deposisi basah. Deposisi basah ini biasanya terjadi jauh dari sumber pencemar.

Hujan asam yang turun  dalam bentuk gas, debu, dan partikel padat lainnya yang menyebabkan kondisi asam disebut deposisi kering. Deposisi kering biasanya terjadi di dekat sumber pencemar.

Visualisasi terjadinya hujan asam dapat dilihat pada gambar berikut.

Sebutkan pengertian hujan asam dan jelaskan proses terjadinya!

Tinggalkan Balasan