Sebutkan ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu kelelawar!

Sebutkan ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu kelelawar!

Jawab :

Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu kelelawar adalah sebagai berikut!

1. Bunga menghasilkan nektar atau kelendar madu

2. Bunga memiliki warna menarik

3. Bunga menghasilkan bau

4. Bunga mekar pada malam hari

Penjelasan :

Pennyerbukan atau polinasi adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik. Penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan bunga.

Penyerbukan yang berhasil akan diikuti segera dengan tumbuhnya buluh sari yang memasuki saluran putik menuju bakal biji. Pada Di bakal biji akan terjadi peristiwa penting berikutnya,yaitu pembuahan.

Penyerbukan pada tumbuhan bunga dapat terjadi karena dibantu oleh hewan-hewan tertentu. Salah satu hewan yang membantu dalam penyerbukan tumbuhan bunga adalah kelelawar.

Kiropterogami merupakan penyerbukan yang dilakukan dengan bantuan kelelawar. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya secara kiropterogami adalah kaktus.

Kelelawar merupakan salah satu mamalia nokturnal, yaitu hewan yang aktif pada malam hari dan beristirahat pada siang hari.

Hewan ini akan aktif bergerak dan mencari makan pada malam hari dan menghabiskan waktu siangnya untuk beristirahat dan tidur.

Di dalam mencari makan, beberapa jenis kelelawar memakan buah atau serbuk sari dan nektar dari bunga.

Tidak semua jenis bunga akan dihisap nektarnya oleh kelelawar. Biasanya, kelelawar akan memilih bunga yang memiliki banyak nektar, warna mencolok, berbau khas, dan yang mekar pada malam hari.

Tinggalkan Balasan