Sebutkan 5 (lima) organ pencernaan pada manusia!

Sebutkan 5 (lima) organ pencernaan pada manusia!

Jawab :

Lima organ pencernaan pada manusia :

1. Mulut

2. Kerongkongan

3. Lambung

4. Usus Halus

5. Usus Besar

Penjelasan :

Makanan diperlukan tubuh untuk memasok energi. Makanan diproses dalam tubuh melalui empat tahap, yaitu : ingesti (proses memasukkan makanan ke dalam mulut), digesti (pencernaan),  absorpsi (penyerapan), dan defekasi (pengeluaran).

Proses pencernaan makanan akan dimulai ketika makanan masuk ke dalam mulut. Pencernaan merupakan proses memecah makanan menjadi molekul kecil, sehingga dapat diserap oleh tubuh melalui pembuluh darah.

Selanjutnya, molekul makanan dari darah masuk ke dalam sel tubuh melintasi membran sel. Molekul yang tidak digunakan dan tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui sistem ekskresi, seperti urine, keringat, dan uap air.

Makanan yang tidak tercerna, berupa feses, akan dibuang melalui anus, melalui proses yang disebut defekasi.

Pencernaan makanan dibedakan menjadi dua macam, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Pencernaan mekanis merupakan pencernaan yang mengubah bentuk fisik bahan makanan.

Pencernaan mekanis terjadi ketika makanan dikunyah, dicampur, dan diremas. Contoh pencernaan mekanis adalah pencernaan yang terjadi di mulut, pada saat makanan dihancurkan oleh gigi.

Pencernaan kimiawi adalah pencernaan yang mengubah sifat kimia bahan makanan menggunakan enzim.

Pada pencernaan kimiawi, terjadi reaksi kimia yang menguraikan molekul besar makanan menjadi molekul yang lebih kecil dengan dibantu oleh enzim-enzim pencernaan.

Organ Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia terdiri dari organ utama, berupa saluran pencernaan dan organ tambahan.

Saluran pencernaan merupakan saluran yang dilalui bahan makanan yang dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.

1. Rongga Mulut

Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Terjadi proses pencernaan mekanik dengan gigi dan pencernaan kimiawi dengan enzim ptialin yang mengubah amilum menjadi maltosa.

2. Kerongkongan

Kerongkongan merupakan saluran untuk memindahkan makanan dari mulut ke lambung dan terjadi gerak peristaltik, yaitu gerakan meremas remas untuk mendorong makanan ke dalam lambung.

3. Lambung

Di dalam lambung terjadi pencernaan mekanik dan kimiawi. Lambung menghasilkan getah lambung yang terdiri dari:

  • Asam klorida (HCl) yang berfungsi membunuh kuman pada makanan dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.
  • Pepsin berfungsi memecah protein menjadi pepton.
  • Renin berfungsi menggumpalkan kasein susu.

4. Usus Halus

Usus halus terdiri dari tiga bagian, sebagai berikut.

  • Usus dua belas jari merupakan muara saluran empedu dan saluran pankreas.
  • Saluran pankreas menghasilkan getah pankreas yang terdiri dari : (1) Tripsin, memecah protein menjadi peptida dan asam; (2) Lipase, menguraikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol; (3) Amilase, mengubah amilum menjadi glukosa.
  • Usus kosong
  • Usus penyerapan

5. Usus Besar

Di dalam usus besar terjadi penyerapan air dan pembusukan sisa-sisa makanan oleh bakteri Escherichia coli.

Tinggalkan Balasan