Sebutkan 5 (Lima) Jenis Magnet Berdasarkan Bentuknya!

Sebutkan 5 (Lima) Jenis Magnet Berdasarkan Bentuknya!

Jawab :

Lima jenis magnet berdasarkan bentuknya :

1. Magnet batang

2. Magnet jarum

3. Magnet U

4. Magnet silinder

5. Magnet cincin

Penjelasan :

Jenis-jenis magnet berdasarkan bentuknya dapat dibedakan menjadi magnet batang, magnet jarum, magnet U, magnet silinder, magnet cincin, dan magnet cakram.

1. Magnet Batang

Magnet batang adalah magnet yang berbentuk batang atau menyerupai balok atau kubus yang kecil. Magnet batang biasanya digunakan untuk kunci pintu pada lemari kaca dan kayu. Selain itu juga bisa digunakan untuk penutup benda lain, seperti kotak pensil dan kotak hadiah.

2. Magnet Jarum

Magnet jarum adalah magnet yang bentuknya memanjang, tipis, dan kedua ujungnya runcing. Bentuk tersebut sekaligus menjadi ciri dari magnet jarum.

Sama halnya magnet-magnet yang berbentuk memanjang lainnya, maka kutub magnet jarum terletak pada kedua ujungnya

3. Magnet U

Magnet U disebut juga magnet ladam atau magnet tapal kuda, Disebut magnet tapal kuda karena bentuknya menyerupai tapal yang digunakan sebagai alas kaki kuda. Kegunaan magnet u atau magnet tapal kuda adalah untuk mengangkat benda-benda magnetik.

4. Magnet Silinder

Magnet silinder adalah magnet yang berbentuk lurus dan panjang dengan penampang berbentuk bulat. Hal tersebut sekaligus menjadi ciri dari magnet silinder.

Sama dengan magnet batang, kutub magnet silinder terletak pada kedua ujungnya. Jika sebuah magnet silinder digantung, maka ujung-ujungnya akan menghadap ke utara dan selatan.

5. Magnet Cincin

Magnet cincin merupakan magnet yang berbentuk melingkar dan tengahnya berlubang (mirip cincin), yang sekaligus menjadi ciri dari magnet tersebut.

Bentuk magnet cincin yang melingkar, membuat kita tidak akan menemukan ujung magnet seperti pada magnet-magnet sebelumnya. Magnet-magnet yang berbentuk lingkaran, kutubnya terletak pada kedua sisi permukaannya.

6. Magnet Cakram

Magnet cakram (sebut juga magnet keping) adalah magnet yang berbentuk kepingan melingkar menyerupai uang logam yang menjadi ciri khas dari magnet tersebut. Seperti halnya magnet cincin, kutub-kutub pada magnet keping terletak pada kedua sisi permukaannya.

Tinggalkan Balasan