Sebutkan 4 jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya!

Sebutkan 4 jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya!

Jawab :

Empat jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya :

1. Penyerbukan sendiri (autogami)

2. Penyerbukan tetangga (geitogami)

3. Penyerbukan silang (allogami)

4. Penyerbukan bastar (hibridigamI)

Penjelasan :

Alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah bunga. Pada bunga akan terjadi proses penyerbukan dan juga pembuahan.

Penyerbukan merupakan proses melekatnya serbuk sari (sel kelamin jantan) pada kepala putik (sel kelamin betina). Penyerbukan menjadi bagian penting dari proses reproduksi tumbuhan  biji.

Penyerbukan yang berhasil akan diiringi dengan tumbuhnya buluh serbuk yang memasuki saluran putik untuk selanjutnya menuju bakal buah. Pada bakal buah inilah terjadi peristiwa pending selanjutnya, yaitu pembuahan.

Jenis-jenis penyerbukan berdasakan asal serbuk sarinya, dibedakan menjadi 4 (empat), yaitu autogami, geitogami, allogami, dan hibridigami.

1. Autogami (Penyerbukan Sendiri)

Autogami adalah penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik dari bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri terjadi pada saat bunga belum mekar atau dalam kondisi tertutup, sehingga disebut juga penyerbukan tertutup (kleistogami). Contohnya adalah penyerbukan pada bunga telang dan bunga turi.

2. Geitogami (Penyerbukan Tetangga)

Geitogami adalah penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain, tetapi kedua bunga tersebut masih satu pohon.

Penyerbukan tetangga termasuk dalam penyerbukan terbuka atau bebas (kasmogami), karena proses penyerbukan dilakukan oleh serbuk sari dari berbagai bunga secara bebas. Contohnya penyerbukan pada bunga jagung,

3. Allogami (Penyerbukan Silang)

Allogami adalah penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putih bunga lain yang berbeda pohon, tetapi masih satu jenis.

Sebagian besar tanaman pangan akan mengalami penyerbukan silang, termasuk labu, bawang, bayam, dan brokoli. Penyerbukan silang hanya dapat terjadi antara anggota yang memiliki spesies sama.

4. Hibridigami (Penyerbukan Bastar)

Hibridigami adalah penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon, tiak sejenis, tetapi masih satu famili.

Penyerbukan bastar hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang masih dekat hubungan kekerabatannya. Contohnya adalah serbuk sari dari jambu batu berdaging merah menyerbuki putik jambu batu berdaging putih.

Tinggalkan Balasan