Sebutkan 4 (empat) ciri-ciri Planet Merkurius dalam Sistem Tata Surya!

Sebutkan 4 (empat) ciri-ciri Planet Merkurius dalam Sistem Tata Surya!

Jawab :

Empat ciri-ciri planet Merkurius :

1. Berevolusi selama 88 hari.

2. Tidak mempunyai satelit alami serta atmosfer.

3. Suhu permukaan antara -180°C sampai 430°C.

4. Diameter 40% lebih kecil daripada Bumi (4.879,4 km).

Penjelasan :

Merkurius merupakan planet urutan pertama dan terkecil dalam sistem tata surya. Planet Merkurius memiliki jarak paling dekat dengan matahari, yaitu sekitar 57 juta km, sehingga kala rotasi dan kala revolusinya juga paling pendek jika dibandingkan planet yang lain.

Nama “Merkurius” diberikan oleh bangsa Romawi, sebagai nama salah satu dewa mereka. Pada mitologi Yunani Kuno, Merkurius dikenal juga sebagai Hermes, sedangkan mitologi Babilonia dinamakan Nabu.

Lambang astronomis untuk merkurius adalah abstraksi dari kepala Merkurius sang dewa dengan topi bersayap di atas Caduceus.

Berikut ini adalah ciri-ciri Merkurius planet pertama dalam sistem tata surya.

1. Ukuran Luas dan Volume

Merkurius memiliki ukuran diameter 40% lebih besar dari Bulan dan 40% lebih kecil daripada Planet Bumi (4879,4 km).  Luas permukaan Merkurius kurang lebih 7,48×107 km² dengan volume sekitar 6,083×1010 km³.

2. Kandungan unsur

Merkurius terdiri dari 70% logam dan 30% silikat dengan tingkat kepadatan sebesar 5,43 g/cm3. Tingkat kepadatannya yang tinggi ini diduga, karena planet tersebut mempunyai inti yang besar dan kaya akan besi. Merkurius adalah planet yang paling banyak memiliki kandungan besi dalam tata surya.

3. Kala Rotasi dan Kala Revolusi

Karena memiliki jarak terdekat dengan matahari, maka Merkurius memiliki kala rotasi dan kala revolusi paling pendek. Merkurius memiliki kala revolusi sebanyak 88 hari dan kala rotasi sebesar 59 hari.

4. Karakteristik Permukaan

Permukaan Planet Merkurius hampir mirip dengan Bulan. Permukaannya memiliki Banyak kawah sama halnya bulan.

Planet Merkurius tidak memiliki penghuni karena kondisi permukaannya yang tandus dan tidak memiliki atmosfer.

Merkurius adalah planet ini tidak memiliki satelit alami. tidak seperti planet Bumi yang memiliki satelit alami, yaitu Bulan.

5. Suhu

Suhu permukaan Merkurius berkisar antara 90 sampai 700 Kelvin atau 430 derajat dalam Celsius dengan suhu terendah -180 derajat Celcius pada malam hari.

Dengan suhu yang sangat tinggi tersebut, maka sebagian besar permukaan Merkurius akan menguap membuat sebuah atmosfer uap batu dengan tertiup oleh angin.

Tinggalkan Balasan