Sebutkan 4 (empat) akibat dari terjadinya rotasi Bumi!

Sebutkan 4 (empat) akibat dari terjadinya rotasi Bumi!

Jawab :

Empat akibat rotasi Bumi :

1. Terjadinya pergantian siang dan malam

2. Perbedaan waktu antara siang dan malam

3. Terjadinya perbedaan kecepatan gravitasi

4. Terjadinya gerak semu harian matahari

Penjelasan :

Rotasi Bumi adalah perputaran Bumi pada porosnya, Kala rotasi merupakan waktu yang diperlukan Bumi untuk berputar pada porosnya.

Dalam sekali berotasi, Bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit atau 24 jam kurang 4 menit. Hal inilah yang menyebabkan adanya tahun kabisat, dimana perbedaan waktu 4 menit tersebut membuat jumlah hari pada bulan Februari di tahun kabisat berjumlah 29 hari.

Tanda-tanda terjadinya rotasi Bumi dapat dilihat dari pergerakan Bulan dan Matahari. Bulan yang tadinya berada di sebelah Timur, kemudian beberapa jam tepat berada di atas kepala kita. Hal ini menunjukkan bahwa Bumi mengalami perputaran pada porosnya.

Rotasi Bumi memiliki arah. Bumi berputar menuju ke arah Timur atau melawan arah perputaran jarum jam. Arah rotasi Bumii ini menyebabkan berbagai dampak yang kita rasakan.

Salah satu dampaknya adalah kita dapat menjumpai malam dan siang, meskipun panjang malam dan siang antara satu tempat dengan tempat yang lain berbeda- beda.

Rotasi Bumi akan melambat karena pengaruh gravitasi bulan. Perlambatan gravitasi bulan dapat dilihat dari melambatnya satu hari sebanyak 1,7 milidetik dibandingkan satu abad yang lalu.

Berikut ini adalah akibat dari terjadinya rotasi Bumi.

1. Pergantian siang dan malam

Matahari akan memancarkan cahaya ke Bumi. Akan tetapi bentuk Bumi yang bulat dan cahaya Matahari yang bergerak lurus, menyebabkan pancaran sinar matahari tidak merata.

Karena pancaran yang tidak merata tersebut, maka ada bagian Bumi yang terang di bagian depan yang berhadapan langsung dengan Matahari dan bagian gelap yang berada di belakang Bumi.

Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya siang (bagian terang Bumi) dan malam (bagian gelap Bumi).

2. Perbedaan waktu siang dan malam

Adanya bagian terang dan gelap pada Bumi sebagai bagian siang dan malam, maka terjadilah perbedaan waktu.

Bagian yang terang pada Bumi akan mengalami waktu siang hari dan pada bagian gelap Bumi akan mengalami malam hari.

Di dalam memudahkan pembagian waktu, maka disepakati waktu dibagi berdasarkan garis bujur dengan titik pusatnya di Greenwich, London.

Greenwich adalah daerah yang dilalui garis bujur 0° dan setiap pergeseran 15° dari Greenwich akan berbeda waktu satu jam. Besaran 15° ini diperoleh dari 360° dibagi dengan 24 (jumlah waktu dalam jam).

3. Perbedaan percepatan gravitasi

Perputaran Bumi pada porosnya akan menimbulkan terjadi gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal terjadi akibat adanya perputaran suatu benda. Semakin besar jari-jari rotasi benda, maka semakin besar pula gaya sentrifugalnya,

Gaya sentrifugal ini mengakibatkan Bumi mengalami pepat pada bagian kutub. Garis tengah Bumi pada bagian kutub kebih kecil dibandingkan garis tengah Bumi bagian khatulistiwa. Perbedaan garis tengah ini menyebabkan terjadinya perbedaan percepatan gravitasi Bumi.

4. Gerak semu harian matahari

Akibat rotasi Bumi, maka kita melihat seolah-olah Matahari bergerak dari Timur ke Barat. Kejadian yang sebenarnya adalah Matahari tidak bergerak, tetapi Bumi yang bergerak mengelilingi Matahari dari Barat ke Timur.

Gerak yang tidak sebenarnya ini disebut gerak semu harian Matahari. Dikatakan gerak semu harian, karena kita dapat mengamatinya setiap hari.

5. Pembelokan arah mata angin

Angin terjadi karena udara yang bergerak dari daerah bertekanan rendah menuju ke daerah bertekanan tinggi. Akan tetapi, adanya gaya Coriolis pada angin, menyebabkan angin menjadi berbelok arah.

Pada belahan Bumi Utara, angin akan berbelok ke kanan. Sebaliknya, di belahan Bumi Selatan, angin akan berbelok ke kiri.

Di belahan bumi utara angin akan berbelok ke kanan. Sebaliknya, di belahan bumi selatan angin akan berbelok ke kiri. Efek dari gaya Coriolis juga berdampak pada beberapa hal lain di Bumi, seperti perubahan arah aliran laut.

6. Perbedaan ketebalan atmosfer

Lapisan atmosfer dibentuk oleh troposfer, stratoster, mesosfer, termosfer, ionosfer, dan eksosfer. Perbedaan ketebalan tiap lapisan atmosfer tersebut salah satunya disebabkan adanya rotasi Bumi.

Selain itu, perbedaan ketebalan lapisan atmosfer Bumi juga dipengaruhi oleh perbedaan iklim antara zona kutub dan ekuatorial Bumi.

Tinggalkan Balasan