Sebutkan 3 (Tiga) Penyebab Terjadinya Pemanasan Global!

Sebutkan 3 (Tiga) Penyebab Terjadinya Pemanasan Global!

Jawab :

Tiga penyebab terjadinya pemanasan global :

1. Efek rumah kaca

2. Pencemaran laut

3. Mencairnya es di kutub

Penjelasan :

Pemanasan global (global warming) merupakan kondisi meningkatnya suhu rata-rata Bumi akibat konsentrasi gas rumah kaca yang berlebih.

Konsensus ilmiah bersepakat bahwa suhu rata-rata Bumi meningkat antara 0,4 sampai dengan 0,8ºC dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.

Diperkirakan, suhu rata-rata Bumi akan mengalami peningkatan 1,4 sampai dengan 5,8 ºC pada tahun 2100 yang akan datang.

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya pemanasan global.

1. Polusi Karbon Dioksida

Polusi karbon dioksida dapat berasal dari berbagai proses aktivitas manusia, mulai dari proses pembakaran pada mesin kendaraan, mesin pabrik dan industri, pembangkit listrik berbahan bakar fosil, dan lain-lain.

Polusi karbon dioksida ini merupakan penyumbang terbesar penyebab pemanasan global yang terjadi saat ini. Hal ini semakin memburuk karena semakin tingginya pengguna kendaraan bermotor di berbagai belahan dunia.

2. Penggunaan Bahan Kimia

Terdaoat banyak produk dan kebutuhan manusia yang menggunakan bahan kimia, salah satunya adalah pupuk tanaman. Meskipun dianggap berbahaya, tetapi penggunaan pupuk kimia tetap dilakukan hingga saat ini.

Pupuk kimia mengandung gas nitrogen oksida yang kapasitasnya 300 kali lebih panas dibandingkan dengan karbon dioksida.

3. Penebangan dan Pembakaran Hutan

Aktivitas penebangan dan pembakaran hutan secara liar dan tak terkendali juga menjadi penyebab terbesar terjadinya pemanasan global. Pohon-pohon di hutan sangat dibutuhkan untuk menyumbang oksigen bagi mahluk hidup di Bumi.

Penebangan dan pembakaran pohon-pohon tersebut selain menyebabkan polusi udara, juga mengakibatkan hilangnya sebagian ‘paru-paru’ dunia untuk mendaur ulang karbon dioksida.

4. Efek Rumah Kaca

Gedung bertingkat tinggi dan rumah dengan konsep bangunan kaca tidak dapat menyerap panas matahari dan akan memantulkan cahaya matahari ke atmosfir.

Akan tetapi, panas tersebut tertahan atau terperangkap di atmosfer oleh polusi udara dari karbon dioksida, metana, sulfur dioksida, dan uap air.

Dengan demikian, panas yang tak terserap tersebut kembali ke permukaan bumi dan tersimpan di sana. Proses ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan mengakibatkan suhu rata-rata di permukaan bumi terus meningkat.

Tinggalkan Balasan