Sebutkan 3 (tiga) jenis bunyi berdasarkan frekuensinya!

Sebutkan 3 (tiga) jenis bunyi berdasarkan frekuensinya!

Jawab :

Tiga jenis bunyi berdasarkan frekuensinya :

1. infrasonik

2. Audiosonik

3. Ultrasonik

Penjelasan :

Bunyi merupakan gelombang longitudinal yang merambat. Di dalam merambat, bunyi memerlukan medium atau perantara.

Bunyi tidak akan dapat didengar di ruang hampa, misalnya luar angkasa, karena bunyi di dalam merambat membutuhkan medium.

Medium tersebut dapat berupa zat padat, cair, maupun gas. Dengan demikian, bunyi dapat merambat melalui tanah, air, dan juga udara.

Bunyi juga memiliki frekuensi. Satuan frekuensi bunyi adalah Hertz (Hz). Berdasarkan frekuensinya, bunyi dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik.

1. Bunyi Audiosonik

Bunyi audiosonik adalah jenis bunyi yang frekuensinya dapat didengar oleh telinga manusia dengan rentang frekuensi antara 20 Hertz sampai 20.000 Hertz.

Bunyi audiosonik menjadi satu-satunya jenis gelombang bunyi yang dapat didengarkan oleh manusia, karena frekuensinya berada dalam batas pendengaran manusia secara normal.

Bunyi audiosonik misalnya bunyi dari sebagian besar hewan seperti sapi, kambing, dan orangutan. Contoh bunyi audiosonik lainnya adalah bunyi riak air, bunyi petir, dan bunyi alunan musik.

2. Bunyi Infrasonik 

Bunyi infrasonik merupakan bunyi yang frekuensinya terlalu rendah untuk dapat didengar oleh telinga manusia dengan rentang frekuensi kurang dari 20 Hertz, yaitu antara 17 Hertz sampai 0,001 Hertz.

Manusia mungkin hanya akan merasakan getaran infrasonik melalui beberapa bagian tubuhnya. Bunyi infrasonik dimanfaatkan oleh manusia untuk sejumlah keperluan, misalnya untuk mendeteksi aktivitas vulkanik gunung berapi atau aktivitas pergerakan lempeng bumi dengan bantuan alat seismograf.

Contoh hewan yang dapat mendengar bunyi Infrasonik adalah ikan paus, burung merpati, buaya Alligator Amerika, gajah, jangkrik, dan anjing.

3. Bunyi Ultrasonik 

Bunyi ultrasonik merupakan bunyi yang frekuensinya terlalu tinggi untuk dapat didengar oleh telinga manusia dengan rentang frekuensi di atas 20.000 Hertz.

Hewan seperti lumba-lumba menggunakan ultrasonik untuk komunikasi, sedangkan kelelawar menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi. Di dalam hal ini, gelombang ultrasonik merupakan gelombang ultra (di atas) frekuensi gelombang suara (sonik).

Contoh hewan yang dapat mendengar bunyi ultrasonik adalah kelelawar, ngengat, ikan paus, lumba-lumba, tikus, katak, belalang, burung minyak, dan Burung hantu

Bunyi ultrasonik dimanfaatkan oleh manusia untuk sejumlah keperluan, terutama di bidang medis dan kesehatan, misalnya untuk mendeteksi janin lewat program USG dan diagnosa berbagai macam penyakit lewat gelombang ultrasonik, serta bisa juga digunakan untuk mengukur kedalaman air laut.

Tinggalkan Balasan