Sebutkan 3 (tiga) contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan!

Sebutkan 3 (tiga) contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan!

Jawab :

Tiga contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan :

1. Sedotan yang tercelup ke air sebagian, akan tampak bengkok

2. Berilan yang tampak indah berkilau

3. Dasar kolam yang tampak dangkal

Penjelasan :

Cahaya berperan penting bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan cahaya untuk dapat bertahan hidup. Adanya kehidupan di bumi, salah satunya ditandai dengan adanya cahaya.

Tanpa adanya cahaya, mustahil makhluk dapat bertahan hidup, kecuali beberapa organisme yang diciptakan untuk hidup tanpa bantuan cahaya, misalnya virus dan bakteri.

Tumbuhan memerlukan cahaya untuk membantu dalam proses fotosintesis. Tanpa adanya bantuan cahaya, tumbuhan tidak akan mampu membuat makanannya sendiri.

Cahaya juga dibutuhkan tumbuhan untuk menghangatkan biji, membantu proses pertumbuhan kecambah, mengatur suhu, dan mengaktifkan klorofil.

Cahaya juga dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk melakukan aktivitas. Dengan kondisi cahaya yang baik, maka kita akan dapat lebih leluasa dalam melakukan berbagai kegiatan.

Salah satu sifat dari cahaya adalah dapat dibiaskan. Pembiasan cahaya merupakan suatu peristiwa pembelokan arah rambat cahaya. Cahaya dapat dibiaskan jika merambat melalui dua zat yang mempunyai kerapatan berbeda.

Apabila terdapat cahaya datang yang berasal dari zat yang mempunyai kerapatan kurang menuju ke zat yang mempunyai kerapatan lebih, maka cahaya itu akan dibiaskan mendekati garis normal.

Sebaliknya, jika cahaya melewati zat yang lebih rapat menuju ke zat yang kurang rapat, maka akan dibiaskan menjauhi garis normal.

Berikut ini adalah contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan.

1. Sedotan yang tercelup ke air sebagian, akan tampak bengkok

Sedotan yang dimasukkan ke dalam air dalam gelas, maka sedotan tersebut akan terlihat membengkok. Hal ini karena cahaya datang dari medium kurang rapat (udara) menuju medium lebih rapat (air) akan dibiasakan menjauhi garis normal.

2. Berlian yang tampak indah berkilau

Cahaya yang masuk ke dalam intan atau berlian akan mengalami beberapa pembiasan oleh permukaan intan atau maupun berlian tersebut.

Hal ini disebabkan indeks bias intan atau berlian yang besar, sedangkanĀ  sudut kritisnya kecil. Kerapatan optik berlian dan intan lebih tinggi daripada udara.

3. Dasar kolam yang tampak dangkal

Dasar kolam akan terlihat dangkal jika terlihat dari darat. Hal tersebut disebaban karena cahaya datang dari medium kurang rapat (udara) menuju medium lebih rapat (air) akan dibiaskan menjauhi garis normal.

Proses pembiasan tersebut terjadi di dalam kolam, sehingga yang terlihat sebagai dasar kolam adalah bayangan dasar kolam dan bukan dasar kolam sebenarnya.

Tinggalkan Balasan