Sebutkan 3 (tiga) cara membuat magnet!

Sebutkan 3 (tiga) cara membuat magnet!

Jawab :

Tiga cara membuat magnet :

1. Menggosok

2. Induksi

3. Dialiri arus listrik (elektromagnetik)

Penjelasan :

Terdapat tiga cara membuat magnet, yaitu dengan cara menggosok, induksi, dan dialiri arus listrik (elektromagnetik).

1. Menggosok

Salah satu cara untuk membuat magnet, yaitu dengan cara menggosokkan permanen magnet ke batangan besi atau baja yang akan dijadikan magnet.

Benda yang dapat dialiri magnet adalah benda yang telah memiliki sifat kemagnetan, misalnya besi dan baja. Benda tersebut terdiri atas domain maupun magnet kecil yang disebut dengan magnet elementer.

Caranya adalah dengan menggosokkan salah satu ujung kutub permanen magnet secara searah pada batangan besi yang akan dijadikan magnet secara berulang-ulang.

Kutub magnet yang dihasilkan bahan akan berlawanan arah dengan kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Benda yang digunakan untuk menerima aliran magnet adalah kutub yang berlawanan dengan ujung magnet permanen.

2. Induksi

Pembuatan magnet secara induksi, yaitu dengan mendekatkan bahan magnet pada suatu magnet permanen (tanpa menyentuhkannya). Cara kerja induksi terjadi karena pengaruh gaya magnet pada sebuah benda magnet elementer atau konduktor.

Magnet permanen akan menghasilkan medan magnet yang akan menginduksi batang bahan magnet (misalnya besi).

Ujung bahan magnet yang didekatkan ke ujung magnet utama akan menjadi kutub yang berlawanan dengan kutub magnet utama yang terdekat.

3. Dialiri arus Listrik (Elektromagnetik)

Sesuai namanya, elektromagnetik merupakan alternatif membuat magnet dengan cara aliran arus listrik. Sumber listrik yang dapat dimanfaatkan bisa berupa batu baterai segala ukuran.

Elektromagnetik membutuhkan arus listrik searah atau direct current (DC). Artinya, dibutuhkan dua buah batu baterai agar bisa mempraktikkan pembuatan magnet dengan cara ini.

Selain itu, perlu juga disiapkan benda yang ingin diubah menjadi magnet, misalnya besi. Siapkan juga kabel kumparan atau kawat besi sebagai perantara aliran.

Pembuatan magnet melalui cara ini, yang dengan mengalirkan  arus listrik searah melalui kawat yang dililitkan pada bahan magnet (besi).

Untuk menentukan kutub-kutub magnetnya, digunakan kaidah tangan kanan. Caranya dengan menggenggam paku besi tadi pada posisi ibu jari dibuka, sedangkan jari lain tetap menggenggam. Dengan demikian, ibu jari akan menunjukkan arah kutub utara magnet.

Tinggalkan Balasan