Sebutkan 3 (tiga) alat ukur panjang dan tingkat ketelitiannya!

Sebutkan 3 (tiga) alat ukur panjang dan tingkat ketelitiannya!

Jawab :

1. Mistar : tingkat ketelitian 0,5 mm

2. Jangka Sorong : tingkat ketelitian 0,1 mm

3. Mikrometer Skrup : tingkat ketelitian 0,001 mm

Penjelasan :

Di dalam kehidupan sehari-hari, tentu tidak terlepas dari kegiatan pengukuran. Pengukuran suatu benda memerluakan alat ukur yang sesuai.

Ketepatan hasil pengukuran salah satunya ditentukan oleh jenis alat ukur yang digunakan. Penggunaan sebuah alat ukur tertentu ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu ketelitian hasil ukur, ukuran besaran, dan bentuk benda yang yang diukur.

Ada beberapa jenis alat ukur dalam Fisika, yaitu alat ukur panjang, alat ukur massa, dan alat ukur waktu.

Contoh alat ukur panjang adalah mistar, jangka sorong, dan mikrometer skrup. Berikut penjelasan masing-masing alat ukur panjang tersebut.

1. Mistar

Mistar atau penggaris adalah alat ukur panjang yang biasa digunakan untuk mengukur panjang dan lebar benda.

Alat ukur ini memiliki skala terkecil 1 mm atau 0,1 cm. Mistar memiliki ketelitian pengukuran setengah dari skala terkecilnya, yaitu 0,5 mm atau 0,05 cm.

Pada saat melakukan pengukuran dengan mistar, arah pandangan harus tegak lurus dengan skala pada mistar dan benda yang diukur.

Apabika tidak tegak lurus, maka akan menyebabkan kesalahan dalam pengukuran, bisa lebih besar atau lebih kecil dari ukuran aslinya.

2. Jangka Sorong

Jangka sorong sering digunakan untuk mengukur diameter bola kecil, tebal uang logam, maupun diameter dalam tabung. Penemu jangka sorong adalah seorang ahli teknik berkebangsaan Perancis, Pierre Vernier.

Terdapat dua jenis skala pada Jangka sorong, yaitu skala utama yang terdapat pada rahang tetap jangka sorong dan skala nonius, yaitu skala pada rahang yang dapat digeser. Tingkat ketelitian jangka sorong sampai dengan 0,01 cm atau 0,1 mm.

3. Mikrometer Skrup

Mikrometer sekrup adalah alat ukur yang difungsikan untuk mengukur diameter benda tipis, misalkan plat.

Mikrometer sekrup terdiri atas dua bagian, yaitu selubung (poros tetap) dan selubung luar (poros ulir). Skala panjang pada poros tetap merupakan skala utama, sedangkan pada poros ulir merupakan skala nonius.

Skala utama mikrometer sekrup mempunyai skala dalam mm, sedangkan skala noniusnya terbagi dalam 50 bagian.

Satu bagian pada skala nonius mempunyai nilai 1/50 × 0,5 mm atau 0,01 mm. Jadi, mikrometer sekrup memiliki ketelitian 0,01 mm atau 0,001 cm

Tinggalkan Balasan