SE Pemutakhiran EDM dan RKAM Tahun Anggaran 2022

SE Pemutakhiran EDM dan RKAM Tahun Anggaran 2022

Amongguru.com. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Surat Edaran tentang  Pemutakhiran Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Tahun 2022.

SE Pemutakhiran EDM dan RKAM Tahun Anggaran 2022 tersebut bernomor B-2963.2/DJ.I/HM.01/01/2021 tertanggal 13 September 2021.

Di dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran Madrasah Tahun 2022, maka semua madasah, baik negeri maupun swasta, harus menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Tahun 2022.

Penyusunan RKAM Tahun Anggaran 2022 tersebut berdasarkan Pemutakhiran Evaluasi Diri Madrasah (EDM) per tanggal 31 Juli 2021.

Tujuan

Penyusunan Surat Edaran bertujuan sebagai berikut.

1. Memberikan panduan teknis kepada satuan pendidikan madrasah dalam melakukan penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran di tingkat madrasah dengan baik.

2. Memastikan penyusunan dokumen Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL_ bagi MIN, MTsN, dan MAN/MAKN dilakukan sesuai RKAM dan EDM.

3. Memastikan proses pencairan dana BOS Madrasah Swasta Tahun Anggaran 2022 dapat dilakukan tepat waktu.

Langkah Pemutakhiran EDM

1. Pemutakhiran dilakukan terhadap EDM 2020 (Desember 2020) dengan cut off data per tanggal 31 Juni 2021.

2. EDM yang digunakan adalah EDM versi 2 yang terdapat pada aplikasi erkam dan format excel.

3. Bagi yang telah mendapatkan Bimtek EDM dan e-RKAM :

a. dapat menggunakan format excel selama proses penyusunan EDM bersama dengan Tim Pengembang Mutu (TPM) Madrasah; dan

b. setelah hasil final/kesepakatan dengan TPM Madrasah, staf yang ditunjuk dapat menginput ke aplikasi e-RKAM untuk selanjutnya disetujuai Kepala Madrasah.

4. Bagi yang belum mendapatkan Bimtek EDM dan e-RKAM, dapat menggunakan format excel yang bisa di unduh.

5. Madrasah menentukan urutan prioritas yang direkomendasikan berdasarkan hasil analisa EDM.

Penyusunan RKAM Madrasah Tahun 2022

1. Penginputan rencana pendapatan BOS Tahun 2022

a. Rencana penginputan mengacu pada jumlah siswa cut off data Emis Semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022, dikalikan dengan alokasi persiswa per tahun, sebagai berikut.

  • Madrasah Ibtidaiyah (MI) Rp. 900.000/siswa/tahun.
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs) Rp. 1.100.000/siswa/pertahun
  • Madrasah Aliyah (MA/MAK) Rp. 1.500.000/siswa/tahun.

b. Rencana pendapatan masih bersifat indikatif dan madrasah dapat melakukan penyesuaian menjadi pendapatan definitif Pagu alokasi BOS Tahun 2022 tiap madrasah telah ditetapkan oleh pengelola BOS pusat melalui Keputusan Dirjen Pendis Kemenag.

2. Rencana Penginputan Rencana Belanja/Pengeluaran Tahun 2022

a. Besarnya Rencana Belanja/Pengeluaran Tahun 2022 disesuaikan dengan rencana pendapatan madrasah Tahun Anggaran 2022.

b. Rencana Belanja/Pengeluaran Tahun 2022 masih bersifat indikatif dan akan dilakukan penyesuaian menjadi Rencana Belanja Definitif 2022 setelah pagu alokasi BOS Tahun 2022 tiap madrasah ditetapkan tim pengelola BOS Pusat.

c. Rencana Belanja terdiri dari;

  • Rencana Belanja untuk operasional rutin madrasah seperti biaya langganan daya dan jasa seperti listrik, telepon dan air; pemeliharaan rutin sarana prasarana perkantoran; dan
  • Rencana belanja untuk kegiatan berdasarkan hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM), yang merupakan belanja dalam rangka meningkatkan dan/atau mempertahankan mutu pendidikan madrasah.

d. Rencana Penghitungan Pendapatan Dan Belanja Madrasah Tahun Anggaran 2022 dapat menggunakan format excel, baik bagi madrasah yang telah mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) maupun yang belum mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek).

e. Admin Kabupaten/Kota menetapkan jadwal penginputan rencana pada aplikasi e-RKAM mulai dibulan September dengan batas akhir penginputan adalah tanggal 30 September 2021.

f. Bagi Madrasah yang telah mendapatkan Bimtek wajib melakukan penginputan EDM dan e-RKAM melalui aplikasi e-RKAM sesuai jadwal yang ditetapkan admin Kabupaten/Kota.

g. Bagi Madrasah yang belum mendapatkan Bimtek, EDM dan e-RKAM format excel harus dikumpulkan ke Kabupaten/Kota atau upload ke Portal BOS Kemenag paling lambat 30 September 2021.

h. Tim Kabupaten/Kota menelaah EDM dan RKAM yang telah disusun oleh Madrasah melalui :

  • aplikasi e-RKAM bagi madrasah yang telah mendapatkan Bimtek; dan
  • Portal BOS bagi madrasah yang belum mendapatkan Bimtek. Penginputan Rencana Pendapatan dan Belanja BOS Madrasah Tahun 2022 mengacu pada Juknis BOS Madrasah Tahun 2022.

Surat Edaran tentang  Pemutakhiran Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Tahun 2022 selengkapnya dapat di baca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian informasi terkait Surat Edaran tentang Pemutakhiran EDM dan RKAM Tahun Anggaran 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan