SE Nomor 8 Tahun 2021 tentang Larangan Afiliasi Dengan Organisasi Terlarang Bagi ASN Kemenag

SE Nomor 8 Tahun 2021 tentang Larangan Afiliasi Dengan Organisasi Terlarang Bagi ASN Kemenag

Amongguru.com. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama menerbitkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Larangan Berafiliasi dengan dan/atau Mendukung Organisasi Terlarang dan/atau Organisasi Kemasyarakatan yang Dicabut Status Badan Hukumnya bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Kementerian Agama.

SE Sesjen Kemenag Nomor 8 Tahun 2021 ini diterbitkan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bersama MenPANRB dan Kepala BKN Nomor 2 Tahun 2021 tentang Larangan Bagi ASN untuk Berafiliasi dengan dan/atau Mendukung Organisasi Terlarang dan/atau Organisasi Kemasyarakatan yang Dicabut Status Badan Hukumnya.

Di dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor 8 Tahun 2021 tersebut disampaikan bahwa ASN harus menjunjung tinggi nilai-nilai dasar, wajib dan taat pada Pancasila. UUD 1945, NKRI, dan pemerintah yang sah, serta berfungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Baca : SE Sesjen Nomor 6 Tahun 2021 tentang Disiplin ASN Pada Kemenag

Keterlibatan ASN dalam mendukung atau berafiliasi dengan organisasi terlarang dan organisasi kemasyarakatan yang dicabut status badan hukumnya dapat menimbulkan radikalisme negatif di lingkungan ASN, sehingga perlu dicegah.

Organisasi yang saat dinyatakan terlarang dan/atau Organisasi Kemasyarakatan yang Dicabut Status Badan Hukumnya adalah sebagai berikut.

1. Partai Komunis Indonesia (PKI).

2. Jamaah Islamiyah (JI).

3. Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

4. Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

5. Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

6. Front Pembela Islam (FPI).

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dipandang perlu untuk menetapkan Surat Edaran tentang Larangan Berafiliasi dengan dan/atau Mendukung Organisasi Terlarang dan/atau Organisasi Kemasyarakatan yang Dicabut Status Badan Hukumnya bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Kementerian Agama.

Di dalam surat edaran, Kementerian Agama mengimbau agar para Pimpinan Satuan Kerja melakukan pelarangan keterlibatan, pencegahan, dan penindakan terhadap ASN di lingkungannya dalam organisasi terlarang atau organisasi kemasyarakatan yang telah dicabut status badan hukumnya.

Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Larangan Berafiliasi dengan dan/atau Mendukung Organisasi Terlarang dan/atau Organisasi Kemasyarakatan yang Dicabut Status Badan Hukumnya bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Kementerian Agama secara lengkap dapat dibaca dan diunduh pada tautan berikut.

Unduh

Demikian SE Sesjen Kemenag Nomor 8 Tahun 2021 tentang Larangan Afiliasi dengan dan/atau Mendukung Organisasi Terlarang dan/atau Organisasi Kemasyarakatan yang Dicabut Status Badan Hukumnya bagi Pegawai ASN pada Kementerian Agama. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan