SE MenPANRB Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perjalanan Dinas PNS Dalam Tatanan Normal Baru

SE MenPANRB Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perjalanan Dinas PNS Dalam Tatanan Normal Baru

Amongguru.com. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Rformasi dan Birokrasi (MenPANRB) telah menerbitkan SE MenPANRB Nomor 64 Tahun 2020 tentang Kegiatan Perjalanan Dinas PNS Dalam Tatanan Normal Baru.

Diterbitkannya Surat Edaran MenPANRB Nomor 64 Tahun 2020 ini berpedoman pada Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19.

Penerbitan Surat Edaran MenPANRB Nomor 64 Tahun 2020 juga memperhatikan Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

MenPANRB memandang perlu untuk dilakukan penyesuaian kegiatan perjalanan dinas bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang beradaptasi dengan tatanan normal baru.

Kegiatan perjalanan dinas bagi PNS dalam tatanan normal baru diatur sebagai berikut.

1. Kegiatan Perjalanan Dinas

Di dalam rangka mencapai target kinerja dan sasaran kinerjanya, maka PNS dapat melakukan perjalanan dinas dalam tatanan normal baru, sebagai berikut.

a. Memperhatikan status penyebaran Covid-19 pada daerah tujuan Perjalanan Dinas berdasarkan Peta Zonasi Risiko Covid-19 yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

b. Memperoleh surat tugas yang ditandatangani oleh minimal Pejabat setingkat Eselon 2 atau Kepala Kantor bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara pada satuan kerja lainnya.

Pejabat Pembina Kepegawaian memastikan agar pemberian tugas dan penerbitan Surat Tugas Perjalanan Dinas kepada PNS dilakukan secar selektif, akuntabel, dan penuh kehati-hatian sesuai dengan tingkat urgensi dilaksanakannya Perjalanan Dinas tersebut.

Pelaksanaan Perjalanan Dinas dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut.

a. Peraturan Pemerintah Daerah asal dan tujuan Perjalanan Dinas mengenai pembatasan keluar dan masuk orang.

b. Kriteria dan persyaratan perjalanan sebagaimana ditetapkan dalam Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

c. Protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

2. Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Pegawai ASN agar turut serta dan mengajak masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk menerapkan Protokol Kesehatan, setidaknya untuk :

a. selalu menggunakan masker ketika berada atau bepergian ke luar rumah tanpa terkecuali;

b. menjaga jarak aman ketika melakukan komunikasi antar individu (physical distancing);

c. menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

SE MenPANRB Nomor 64 Tahun 2020 tentang Kegiatan Perjalanan Dinas PNS Dalam Tatanan Normal Baru secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai SE MenPANRB Nomor 64 Tahun 2020 tentang Kegiatan Perjalanan Dinas PNS Dalam Tatanan Normal Baru. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan