SE MenPANRB Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perpanjangan ASN Kerja di Rumah

SE MenPANRB Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perpanjangan ASN Kerja di Rumah

Amongguru.com. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) secara resmi telah menerbitkan Surat Edaran MenPANRB Nomor 50 Tahun 2020.

Surat Edaran MenPANRB Nomor 50 Tahun 2020 ini merupakan perubahan kedua atas SE MenPANRB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Surat Edaran tersebut berpedoman pada Keppres Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penerbitan Surat Edaran MenPAnRB Nomor 50 Tahun 2020 juga berpedoman pada Keppres Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Diseae (Covid-19) sebagai Bencana Nasional.

MenPANRB memandang perlu untuk melakukan perubahan kedua atas SE MenPANRB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah sebagiamana telah diubah dengan SE MenPANRB Nomor 34 Tahun 2020.

Berikut ini beberapa perubahan yang ada  dalam Surat Edaran MenPANRB Nomor 50 Tahun 2020.

1. Perpanjangan Masa Pelaksanaan Tugas Kedinasan di Rumah/Tempat Tinggal (Work From Home)

Masa pelaksanaan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal (Work From Home) bagi Aparatur Sipli Negara (ASN) diperpanjang sampai dengan 13 Mei 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

2. Keberlangsungan Pemerintahan dan Pelayanan  Publik

Pejabat Pembina Kepegawaian memastikan agar penyesuaian sistem kerja yang dilakukan di instansinya tidak mengganggu kelancaran penyelenggaraan pemerintahan. Penyesuaian jam kerja ini juga diharapkan tidak menggangu pelayanan kepada masyarakat.

3. Penyesuaian Sistem Kerja Pada Kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar

Di dalam hal terdapat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah instansi pemerintah berlokasi, maka Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan melakukan penyesuaian sistem kerja bagi Aparatur Sipil Negara.

Penyesuaian jam kerja tersebut berpedoman pada Surat Edaran MenPANRB Nomor 45 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN pada Instansi Pemerintah yang berada di wilayah dengan penetapan PSBB.

Baca : Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar Sesuai PP Nomor 21 Tahun 2020

4. Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi

Di dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19, agar Aparatur Sipil Negara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLIndungi .

Imbauan ini sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 171 Tahun 2020 tentang Penetapan Aplikasi PeduliLindungi dalam rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Diseasi 2019 (Covid-19) pada smartphone yang dimiliki.

Baca : SE MenPANRB Nomor 51 Tahun 2020 tentang Jam Kerja ASN di Bulan Ramadhan

Aplikasi PeduliLindungi tersebut dapat di unduh melalui Playstore untuk versi Android dan Appstore untuk versi iOS.

Apartur Sipil Negara agar mengajak keluarga dan masyarakat sekitarnya untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada smartphone masing-masing.

Berdasarkan ketentuan perubahan tersebut, maka SE MenPANRB Nomor 19 Tahun 2020 sebagaimana diubah dengan SE MenPANRB Nomor 34 Tahun 2020 masih tetap berlaku dan merupakan satu kesatuan dengan SE MenPANRB Nomor 50 Tahun 2020 ini.

SE MenPANRB Nomor 50 Tahun 2020 tentang perpanjangan waktu ASN dalam melaksanakan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal secara lengkap dapat di unduh di sini.

Demikian informasi mengenai SE MenPANRB Nomor 50 Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan