SE MenPANRB Nomor 36 Tahun 2020 tentang Larangan Mudik ASN

SE MenPANRB Nomor 36 Tahun 2020 tentang Larangan Mudik ASN

Amongguru.com. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPANRB) baru saja menerbitkan Surat Edaran MenPANRB Nomor 36 Tahun 2020.

Surat Edaran tersebut mengatur tentang pembatasan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik bagi ASN dalam upaya pencegahan Covid-19.

Surat Edaran MenPANRB tersebut diterbitkan berpedoman pada keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 13.A tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Kepala BNPB menyatakan bahwa status keadaan darurat Covid-19 berlaku sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Berdasarkan hal tersebut MenPANRB merasa perlu untuk menerbitkan Surat Edaran yang berkaitan dengan kegiatan bepergian ke luar daerah atau Kegiatan mudik bagi Aparatur Sipil Negara dalam upaya pencegahan meluasnya penyebaran Covid-19.

Di dalam surat edaran MenPANRB Nomor 36 Tahun 2020 diinformasikan bahwa untuk mencegah dan meminimalkan penyebaran, serta mengurangi resiko Covid-19 karena mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia, maka ASN dan keluarganya diharapkan tidak melakukan bepergian ke luar daerah.

ASN juga diminta tidak melakukan kegiatan mudik lainnya selama masa berlaku status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19.

Selanjutnya, para Pejabat Pembina Kepegawaian pada Instansi Pemerintahan diminta memastikan agar ASN di lingkungan instansi pemerintahan yang bersangkutan tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah atau kegiatan mudik tersebut dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai.

Baca : SE MenPANRB Nomor 34 Tahun 2020 tentang Masa Perpanjangan Bekerja Dari Rumah untuk ASN

MenPANRB mengimbau agar ASN juga mengajak masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk tidak melakukan bepergian ke luar daerah atau kegiatan mudik lebaran atau kegiatan mudik lainnya.

ASN juga diminta untuk mengajak masyarakat di lingkungannya untuk menjaga jarak aman ketika berkomunikasi antar individu (social/physical distanding).

Selain itu, ASN diharapkan untuk dapat membantu meringankan beban masyarakat yang lebih membutuhkan di sekita tempat tinggalnya.

Tidak lupa, ASN diminta untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama bedara di rumah.

Beberapa hal tersebut merupakan upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terakhir, MenPANRB dalam edaran berpesan agar ASN dapat menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca : Edaran Mobilisasi Relawan Mahasiswa Untuk Penanganan Covid-19

Surat Edaran MenPANRB Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Bepergian ke Luar Daerah Dan/Atau Kegiatan Mudik Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut ini.

SE KemenPANRB Nomor 36 Tahun 2020 (Unduh)

Demkian Surat Edaran MenPANRB Nomor 36 Tahun 2020 tentang pembatasan bepergian ke luar daerah dan mudik bagi ASN Dalam Upaya Pencegahan Covid-19. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan