SE Mendagri tentang Penghentian Pemotongan Taperum pada Gaji PNS

SE Mendagri tentang Penghentian Pemotongan Taperum pada Gaji PNS 

Amongguru,com. Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan SE Mendagri tentang Penghentian Pemotongan Taperum pada Gaji PNS CPNSD.

Surat Edaran Mendagri tersebut bernomor 648.4/4710/SJ tentang Pelaksanaan Penghentian Pemotongan Tabungan Perumahan Pada Pembayaran Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah.

Surat edaran tersebut untuk menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat.

Diterbikannya surat edaran juga memperhatikan Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Nomor S-565/PB/2020 tanggal 3 Juli 2020 perihal Pelaksanaan Penghentian Pemotongan Tabungan Perumahan (Perum) pada Pembayaran Gaji Pegawai Negeri Sipil Daerah.

Baca : Download PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera

Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) merupakan penyimpanan yang dilakukan oleh peserta secara periodik dalam jangka waktu tertentu untuk pembiayaan perumahan.

Di dalam Surat Edaran Mendagri tersebut diinformasikan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Dengan dicabutnya PP Nomor 25 Tahun 2020 tersebut, maka pemotongan Taperum PNS dan CPNS tidak ada dasarnya lagi.

Di dalam Surat Edaran tersebut juga disampaikan bahwa pemotongan Taperum Pusat dihentikan untuk segala jenis pembayaran gaji yang meliputi gaji induk, kekurangan gaji, dan gaji susulan mulai bulan Agustus 2020.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Gubernur dan Bupati/Walikota agar melakukan langkah-langkah tindak lanjut sebagai berikut.

  1. Menghentikan pemotongan Taperum PNS dan CPNS atas pembayaran gaji, meliputi gaji induk, kekurangan gaji, dan gaji susulan mulai bulan Agustus 2020.
  2. Seluruh potongan Taperum PNS dan CPNS yang sudah dipotong sebelumnya agar segera disetorkan ke kas Negara paling lambat akhir bulan September 2020.

SE Mendagri tentang Pelaksanaan Penghentian Pemotongan Taperum pada Pembayaran Gaji PNS dan CPNSD secara lengkap dapat diunduh pada link berikut ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan