SE Menag Nomor 19 Tahun 2020 tentang Program Kita Cinta Papua

 SE Menag Nomor 19 Tahun 2020 tentang Program Kita Cinta Papua

Amongguru.com. Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Menag Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Kementerian Agama “Kita Cinta Papua”.

Pembangunan Papua dan Papua Barat sebagai serambi di ulung timur Negara Kesatuan Repubtik Indonesia telah menjadi program prioritas nasional Pemerintah.

Salah satu program prioritas nasional tersebut diwujudkan melalui kebijakan pembangunan sumber daya manusia Papua.

Program pembangunan sumber daya manusia Papua ini sejalan dengan :

  1. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2008 tentang Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat; dan
  2. Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat.

Pengembangan wilayah Papua diarahkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan Otonomi Khusus, memacu pertumbuhan wilayah yang berkelanjutan, dan mempercepat pembangunan manusia.

Kementerian Agama bertekad untuk turut membangun dan mewujudkan Papua yang bermartabat dan membanggakan.

Upaya tersebut dalam bentuk pembangunan di bidang agama serta pendidikan agama dan keagamaan melalui pelaksanaan program “Kita Cinta Papua”.

Baca : Download Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024

Kementerian Agama melihat tanah Papua perlu ditata lebih baik lagi. Fokus utamanya adalah dari pendekatan agama dan pendidikan berbasis agama.

Inti Program Kementerian Agama “Kita Cinta Papua” adalah memajukan pendidikan dan keagamaan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Caranya melalui dukungan pembangunan sekolah dan gereja di Papua dan Papua Barat. Selain itu dalm bentuk dukungan bea siswa kepada generasi muda di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dengan demikian mereka dapat mengenyam pendidikan pada setiap jenjang secara berkelanjutan.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan Program Kementerian Agama “Kita Cinta Papua” serta di dukung oleh seluruh jajaran Kementerian Agama, baik di tingkat pusat maupun di daerah.

Di dalam pelaksanaannya tetap berkoordinasi dengan seluruh Kementerian dan Lembaga,Pemerintah Daerah, Organisasi Agama, Organisasi Masyarakat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan seluruh elemen yang memiliki kepedulian pada pembangunan Papua seutuhnya.

Maksud dan Tujuan

Maksud Surat Edaran ini adalah sebagai pedoman seluruh pimpinan UnitKerja/Satuan Kerja di jajaran Kemenag  dalam melaksanakan Program “Kita Cinta Papua”

Tujuan Surat Edaran ini bertujuan untuk:

  1. Memastikan seluruh pimpinan Unit Kerja Satuan Kerja di jajaran Kemenag dapat mempersiapkan, melaksanakan dan mendukung sepenuhnya Program “Kita Cinta Papua”.
  2. Memastikan pelaksanaan program Kementerian Agama ‘Kita Cinta Papua” dapat berjalan dengan baik, akuntabel, dan tepat sasaran.

Ruang Lingkup

Surat Edaran ini memuat ketentuan mengenai pelaksanaan Program Kementerian Agama Republik Indonesia “Kita Cinta Papua”

Ketentuan

Di dala mewujudkan pelaksanaan program Kementerian Agama Republik Indonesia “Kitacinta Papua”, seluruh Pimpinan Unit Kerja di jajaran Kementerian Agama agar mempersiapkan, melaksanakan dan mendukung sepenuhnya program-program kesetiakawanan “Kita Cinta Papua”, antara lain sebagai berikut.

  1. Melaksanakan percepatan pembangunan sekolah-sekolah baru, khususnya sekolah keagamaan Kristen dan Katolik dan rehabilitasi sekolah-sekolah yang sudah ada untukmemajukan pendidikan di Provinsi Papua dan Papua Barat.
  2. Memberikan dukungan bea siswa kepada generasi muda di Provinsi Papua dan Papua Barat sehingga dapat mengenyam pendidikan pada setiap jenjang secara berkelanjutan
  3. Melaksanakan percepatan pembangunan rumah ibadah baru, khususnya gedung gereja Kristen dan Katolik dan rehabilitasi rumah-rumah ibadah yang sudah ada dalam upaya meningkatkan kesalehan umat di Provinsi Papua dan Papua Barat.
  4. Meningkatkan peran Forum Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Papua dan Papua Barat untuk menjadi garda terdepan dalam mewujudkan masyarakat Papua dan papua Barat yang adil bermartabat dalam harmoni kehidupan antar umat beragama.
  5. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan tokoh agama tokoh masyarakat dan budaya di Provinsi Papua dan Papua Barat melalui pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama.

Surat Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Kementerian Agama “Kita Cinta Papua” secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai SE Menag Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Kementerian Agama “Kita Cinta Papua”. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan