Sambutan Presiden Pada Peringatan HUT KORPRI Ke 48 Tahun 2019

Sambutan Presiden Pada Peringatan HUT KORPRI Ke 48 Tahun 2019

Amongguru.com. Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) akan memperingatan Hari Ulang Tahun ke 48 pada tanggal 29 November 2019.

HUT KORPRI ke 48 tahun 2019 kali ini cukup istimewa, karena bertepatan dengan pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, sehingga diharapkan dapat menjadi penyemangat dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

Semenjak pertama kali berdiri, KORPRI merupakan satu-satunya wadah bagi Pegawai Republik Indonesia yang selalu berupaya memfungsikan diri sebagai perakat dan pemersatu bangsa.

KORPRI berusaha untuk menjadi organisasi yang netral serta hanya berkomitmen terhadap kepentingan bangsa dan negara.

Sejarah lahirnya KORPRI cukup panjang dan di dalam proses terbentuknya mengalami pasang surut seiring gejolak politik pada waktu itu.

Baca : Sejarah Lahirnya Korps Pegawai Republik Indonesia KORPRI

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) didirikan pada tanggal 29 November 1971 sesuai Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971

Seiring berlakunya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, maka KORPRI siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang memiliki peran dalam menjaga kode etik dan standar profesi.

KORPRI juga berperan dalam mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, dan mengembangkan kesejahteraan anggotanya.

Tema peringatan HUT KORPRI ke 48 tahun 2019 kali ini adalah “KORPRI : Berkarya Melayani dan Menyatukan Bangsa”.

Harapan dari tema HUT KORPRI ke 48 tersebut adalah agar para anggota KORPRI tetap bersemangat dalam berkarya dan bekerja melayani kepentingan publik, dengan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa.

Peringatan HUT Ke-48 KORPRI kali ini mengambil tema “KORPRI : Berkarya Melayani Dan Menyatukan Bangsa” dengan harapan para anggota KORPRI tetap bersemangat dalam bekerja melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa.

Sambutan Presiden Pada Peringatan HUT KORPRI Ke 48 Tahun 2019

Di dalam Surat Edaran Dewan Pengurus KORPRI Nasional Nomor SE-07/KU/IX/2019 tentang HUT Ke 48 KORPRI Tahun 2019 tertanggal 27 September 2019, disebutkan bahwa salah satu kegiatan peringatan HUT KORPRI adalah melaksanakan Upacara Bendera.

Upacara Bendera sebagai acara puncak Hari Ulang Tahun ke 48 KORPRI tahun 2019 dilaksanakan secara serentak oleh segenap anggota KORPRI di seluruh wilayah Indonesia, Jumat, tanggal 29 Nopember 2019 pukul 08.00 waktu setempat. Sifat upacara bendera peringatan HUT ke 48 KORPRI Tahun 2019 adalah tertib dan khidmat.

Baca : Susunan Upacara Hari Ulang Tahun HUT Ke 48 KORPRI Tahun 2019

Salah satu acara dalam Upacara Peringatan HUT KORPRI ke 48 Tahun 2019 adalah pembacaan pidato sambutan Presiden.

Berikut ini cuplikan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia selaku Penasihat Nasional KORPRI pada Hari Ulang Tahun ke 48 KORPRI Tahun 2019.

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,
Om Swastyastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan

Yang saya hormati,

Para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian;
Ketua Umum dan Pengurus KORPRI Nasional;
Para Eselon I Kementerian;
Segenap anggota KORPRI;
Hadirin dan undangan yang saya muliakan

Pertama-tama, selaku Presiden Republik indonesia dan Penasihat Nasional KORPRI, saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh anggota KORPRI dimanapun saudara berada, baik yang ada di tanah air maupun di seluruh perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri.

Saya ingin menyampaikan salam, sekaligus apresiasi khusus pada anggota KORPRI yang bertugas di pelosok-pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan, dan wilayah-wilayah terisolir. Mereka adalah abdi negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air. Terima kasih atas pengabdian yang saudara-saudara berikan kepada rakyat, bangsa, dan negara.

Hadirin dan segenap anggota KORPRI yang saya hormati,

Saat ini, kita berada di dunia yang berubah dengan cepat, yang sangat berbeda dengan dua puluh, tiga puluh, atau empat puluh tahun yang lalu. Revolusi Indutri jilid ke-4 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara dalam berkomunikasi, tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan.

Di sisi lain, persaingan antarnegara juga semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar, dan memperebutkan talenta-talenta yang digunakan untuk memajukan negaranya.

Dalam menghadapi perubahan dan persaingan itu, kita tidak boleh takut. Kita harus menghadapi persaingan itu dengan cara-cara baru, dengan terobosan-terobosan baru. Kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kunci. Cara-cara lama yang monoton, yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. Kita harus bisa lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

Karena itu, saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secara berkelanjutan. Tidak ada lagi pola pikir lama. Tidak ada lagi kerja linier. Dan tidak ada lagi kerja rutinitas. Birokrasi haru berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja cepat beradaptasi dengan perubahan.

Saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk terus menerus bergerak mencari terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit, dan yang menyulitkan rakyat, harus kita pangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi.

Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, bukan lagi berorientasi paa prosedur, tapi lebih berorientasi pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong, dipercepat dengan penerapan teknologi. Bahkan saya sudah minta eselon 3 dan 4 untuk ditiadakan, sehingga pengambil keputusan bisa lebih cepat. Hal yang pahit harus kita lakukan. Karena di era persaingan antarnegara yang semakin sengit seperti saat ini, jika kita lambat, kita pasti tertinggal. Karena itu ukurannya adalah bukan lebih baik dari sebelumnya, tapi lebih baik dari negara lain yang menjadi saingan kita.

…..

Sambutan Presiden pada Peringatan HUT KORPRI Ke 48 Tahun 2019 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

  • Sambutan Presiden Pada HUT KORPRI ke 48 Tahun 2019 format MS Word (Download)
  • Sambutan Presiden Pada HUT KORPRI ke 48 Tahun 2019 format pdf (Download)

Demikian sambutan Presiden pada peringatan HUT KORPRI Ke 48 Tahun 2019.

Tinggalkan Balasan