Saling Sapa “Barkah da Sallah” Tradisi Menyambut Lebaran di Nigeria

Saling Sapa “Barkah da Sallah” Tradisi Menyambut Lebaran di Nigeria

Amongguru.com. Nigeria merupakan salah satu negara yang terletak di benua Afrika, tepatnya di wilayah pantai Afrika Barat. Nigeria adalah negara yang berbentuk republik, dengan nama resmi Republik Feredal Nigeria. Negara ini dipimpin oleh seorang presiden dengan ibukota di Abuja.

Terdapat tiga suku bangsa Nigeria, yaitu Hausa Fulani, Ibo, dan Yaruba. Sedangkan agama mayoritas di sana adalah Islam dan Kristen Protestan.

Agama Islam masuk ke Nigeria Utara sekitar awal abad ke – 9 Masehi pada masa pemerintahan Humme Jilmi. Kemudian, Islam berkembang ke kota-kota besar dari bagian utara negara itu pada abad ke -16, selanjutnya sampai ke pedesaan.

Saling Sapa “Barkah da Sallah” Tradisi Menyambut Lebaran di Nigeria

Umat Muslim di Nigeria selalu merayakan Lebaran dengan meriah. Meskipun termasuk dalam negara sekuler, suasana kemeriahan menyambut Idul Fitri terasa sekali di negara tersebut. Di Nigeria, kerukunan antar umat beragama terjaga dengan baik.

Saling Sapa "Barkah da Sallah" Tradisi Unik Menyambut Lebaran di Nigeria

Kedua pemeluk agama (Islam dan Kristen Protestan) hidup berdampingan dan saling menghormati satu dengan lainnya. Masyarakat saling menghormati pelaksanaan ibadah masing-masing agama. Bahkan pada saat umat Muslim merayakan hari Idul Fitri, pemeluk agama Kristen juga ikut berpartisipasi.

Pada saat lebaran, pemerintah Nigeria menetapkan Hari Raya Idul Fitri sebagai hari libur nasional selama dua hari secara berturut-turut. Kesempatan ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk Nigeria untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing, bertemu dengan keluarga dan sanak saudara.

Seperti halnya di Indonesia, umat Muslim Nigeria lebih memilih untuk merayakan lebaran dengan keluarga dan orang-orang terdekat mereka agar suasana lebaran lebih meriah. Mereka juga membagikan THR sebagai bentuk rasa suka cita menyambut Lebaran.

Lebaran di Nigeria dikenal dengan nama Sallah Kecil atau Lebaran Kecil. Ada tradisi unik umat Muslim Nigeria dalam menyambut lebaran. Mereka akan saling mengucapkan salam Barkah da Sallah, yang dalam bahasa Hausa, kalimat itu berarti “salam sejahtera di hari raya”.

Tradisi saling mengucapan salah tersebut dilakukan seusai umat Muslim Nigeria melakukan salat Id bersama-sama di lapangan atau masjid-masjid terdekat. Setelah melaksanakan salat Id dan saling mengucap salam Barkah da Sallah, mereka kemudian makan makanan yang  sudah dipersiapkan, bersama-sama dengan keluarga.

Umat Muslim Nigeria memiliki menu khas lebaran yang dinamakan nasi jollof dan sup egusi. Kedua makanan tersebut merupakan jenis makanan yang selalu dibuat oleh penduduk Muslim Nigeria ketika lebaran maupun perayaan hari besar lainnya.

Nasi jollof berisi nasi pedas dengan tambahan merica, tomat dan bawang. Sedangkan sup egusi dimasak menggunakan dahut pahit dan biji melon. Biasanya, hidangan makanan tersebut dinikmati bersama ubi tumbuk dan pisang goreng.

Baca juga artikel terkait berikut :
Demikian ulasan mengenai Saling Sapa “Barkah da Sallah” Tradisi Menyambut Lebaran di Nigeria. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan