RPP Satu Lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21

RPP Satu Lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21 

Amongguru.com. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu komponen administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki guru.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

RPP menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran di dalam mencapai sebuah Kompetensi Dasar (KD) yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti (KI) dan dijabarkan dalam silabus.

RPP wajib dimiliki guru sebagai bagian dari perangkat mengajar. RPP menjadi pedoman bagi guru kelas maupun guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, telah mengeluarkan kebijakan baru terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kebijakan baru tersebut berupa penyederhanaan RPP, dengan mempertimbangkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Sedangkan berorientasi pada Peserta Didik berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.

Kebiakan penyederhanaan RPP ini dimantapkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Pertimbangan penyederhanaan RPP ini adalah guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan

Baca : Download Contoh RPP Satu Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Tahun 2020

Terdapat 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.

Melalui penyederhanaan RPP ini, maka guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Hanya ada 3 (tiga) omponen inti dalam penyederhanaan RPP, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar.

Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca : 4 Pokok Kebijakan Program Merdeka Belajar dari Mendikbud

Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip terbatu dalam penyusunan RPP (efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik_.

RPP Satu Lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21

Berikut ini adalah contoh RPP Satu Lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21 berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019.

Pendidikan abad 21 menggunakan istilah yang dinamakan 4C (critical thinking, communication, collaboration, and creativity).

4C adalah empat keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai keterampilan abad ke-21, yaitu keterampilan yang sangat penting dan diperlukan untuk pendidikan abad ke-21.

Kehidupan abad 21 menuntut adanya keterampilan peserta didik untuk siap menghadapi tantangan yang ada.

Keterampilan tersebut diistilahkan dengan 4 C, yang merupakan singkatan dari Critical Thinking atau berpikir kritis, Collaboration atau kemampuan bekerja sama dengan baik, Communication atau kemampuan berkomunikasi, dan Creativity atau kreatifitas.

Baca : Kenali 4 C, Empat Keterampilan Abad 21 yang Harus Dimiliki Peserta Didik

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri RPP satu lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21 ini dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.  

Berikut adalah contoh RPP satu lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : …..
Tema/Subtema : Diriku/Tubuhku
Kelas/Semester : I/1
Kurikulum : 2013
Waktu : 1 Minggu (26 JP)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu :

  • memahami keberagaman karakteristik dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman sebagai sikap menerima keberagaman karakteristik dengan menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah (PKn);
  • memahami kosa kata dan dapat menggunakannya dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan ganbar/bagan silsilah keluarga (B. Indonesia);
  • mengenal bangun ruang dan bangun datar dan dapat mengklasifikasikannya dengan menggunakan benda konkrit (Matematika); dan
  • mengenal elemen musik dan dapat menirukannya dalam bentuk pentas seni (Seni Budaya)
  • memahami prosedur gerak dasar lokomotor dan dapat mempraktikkannya dengan berjalan satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (PJOK).

B. Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pembukaan

Salam, doa, apersepsi dan menyanyikan lagu “Sayang Semua”

2. Kegiatan Inti

  • Guru mengajak peserta didik mengamati gambar silsilah keluarga (keluarga inti dan keluarga besar).
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya/menanggapi konsep tentang keluarga.
  • Mendiskusikan tentang peraturan yang ada di rumah dan menekankan tentang pentingnya mematuhi peraturan dalam kehidupan sehari-hari (LD) (PPK).
  • Berdiskusi tentang keluarga, pekerjaan, dan kasih sayang keluarga, serta mendiskusikan sikap yang harus dikembangkan dalam keluarga misal berterima kasih (4C dan HOTS).
  • Mengamati berbagai bangun datar dan bangun ruang untuk membuat kreasi.
  • Mengeksplorasi hasil kreativitas silsilah keluarga dengan berbagai media berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang (LD) (4C).
  • Melakukan kegiatan senam irama diiringi lagu di halaman.
  • Menggambar, menggunting, dan menempel profil silsilah keluarga pada bangun datar
  • Melakukan permainan kosa kata dengan menggunakan kartu kata untuk menentukan kedudukan anggota keluarga dalam silsilah keluarga (LD)(PPK).
  • Mengumpulkan kosa kata pada teks bacaan/cerita tentang keberadaan, kebersamaan keluarga dengan bahasa lisan dan atau tulisan.
  • Membedakan suara nyanyian berbirama dengan nyanyian tanpa menggunakan birama (HOTS).
  • Menirukan gaya jalan anggota keluarga seperti kakek, nenek, ayah, ibu, kakak dan adik.
  • Mengkomunikasikan silsilah keluarga melalui tabel/diagram (4C).
  • Bermain peran tentang keluarga (PPK)

3. Kegiatan Penutup

  • Melaksanakan tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi.
  • Doa dan memberi salam

C. Penilaian

Mengetahui,
Kepala Sekolah/Madrasah,
……., ………………………………
Guru Mata Pelajaran
,..………………………………
NIP. …………………………
,..………………………………
NIP. …………………………

Contoh RPP Satu Lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21 secara lengkap dapat di download pada link berikut.

RPP satu lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21 (Download)

Contoh RPP satu lembar SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 tahun 2020 dapat di unduh di sini.

Contoh RPP satu lembar SMP/MTs tahun 2020 lengkap dapat juga di unduh di sini.

Demikian contoh RPP satu lembar SD SMP Berbasis Keterampilan Abad 21. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan