Rincian Formasi Seleksi CPNS 2019 Kabupaten Labuhanbatu Utara

Rincian Formasi Seleksi CPNS 2019 Kabupaten Labuhanbatu Utara

Amongguru.com. Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara telah menerbitkan Pengumuman Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2019.

Pengumuman tersebut bernomor 800/1489/BKD/2019 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Dari Formasi Khusus dan Formasi Umum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Anggaran 2019.

Pemerintah Labuhanbatu Utara akan menyelenggarakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2019 untuk mengisi 179 (seratus tujuh puluh sembilan) formasi jabatan, yang tediri atas formasi umum dan formasi khusus (disabilitas dan Cumlaude) dengan rincian sebagai berikut.

1. Tenaga Pendidikan : 96 orang

2. Tenaga Kesehatan ” 10 orang

3. Tenaga Teknis : 73 orang

Persyaratan Pelamar

1. Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan.

2. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun 0 (nol) bulan 0 (nol) hari pada saat melamar/mendaftar, ditunjukkan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan sesuai dengan yang tertera pada ijazah.

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/POLRI/Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak
dengan hormat sebagai pegawai swasta.

5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil/Calon Anggota
TNI/POLRI serta Anggota TNI/POLRI/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.

6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya, dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA yang dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan terakhir.

9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara.

10. Lulusan perguruan tinggi dalam negeri dan program studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Pusdiknakes/LAM PTKes pada saat lulus dengan bIndeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai berikut :

a. D-III : 2,75 dari Skala 4

b. S-1/D-IV : 3,00 dari Skala 4

c. Dokter Umum/Dokter Gigi : 2,75 dari Skala 4

11. Data pendidikan pelamar harus terdaftar dan berstatus lulus di portal https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa pada saat mendaftar.

12. Calon pelamar hanya boleh mendaftar pada salah satu alokasi penempatan di 1 (satu) instansi/daerah dalam satu periode pelaksanaan seleksi.

Kriteria Pelamar

1. Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukkan bagi pelamar :

a. Cumlaude

Pelamar Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (Cumlaude/Dengan Pujian) dari perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus Cumlaude/Dengan Pujian pada ijazah/transkrip nilai. Pelamar Formasi ini dikhususkan bagi putra/putri yang mempunyai jenjang pendidikan Strata Satu (S-1), tidak termasuk Diploma Empat (D-IV).

b. Disabilitas

Pelamar disabilitas adalah pelamar yang mengalami keterbatasan fisik, kelainan, kerusakan pada fungsi gerak yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pembawaan sejak lahir dan bukan termasuk Tuna Rungu, Tuna Netra dan Tuna Wicara, dengan kriteria sebagai berikut :

(1) Mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik

(2) Mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran
dan berdiskusi

(3) Mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.

c. Umum

Pelamar umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana angka 1 dan 2 di atas.

Bagi penyandang disabilitas dapat melamar pada Formasi umum dan khusus lainnya disamping Formasi yang telah ditetapkan khusus disabilitas dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan yang sama kecuali untuk formasi Guru Penjasorkes.

Pelamar dari Kategori P1/TL yaitu peserta seleksi penerimaan CPNS Tahun 2018 dan memenuhi nilai ambang batas/passing grade berdasarkan PermenPANRB  Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 serta masuk dalam 3 (tiga) kali formasi jabatan yang dilamar untuk dapat mengikuti SKB tahun 2018, tetapi dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir.

Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen dalam bentuk scan, yang meliputi :

1. Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun;

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan kependudukan dan catatan sipil;

3. Pas photo dengan latar belakang warna merah ukuran 4 x 6;

4. Surat lamaran asli ditujukan kepada Bupati Labuhanbatu Utara di Aek Kanopan, ditulis tangan, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh di portal https://bkd.labura.go.id;

5. Ijazah Asli;

6. Bagi pelamar untuk Formasi Ahli Pertama Dokter, Dokter Gigi dan Penyuluh Kesehatan Masyarakat ditambah dengan STR asli yang masih berlaku dan bukan STR Internship/magang
dan di unggah menjadi 1 (satu) file dengan ijazah;

7. Transkip Nilai Asli;

8. Bukti Perguruan Tinggi dan Program Studi terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT);

9. Surat pernyataan asli yang diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di portal
https://bkd.labura.go.id);

10. Hasil tampilan pada Tangkapan Layar (Screenshoot/Printscreen) data pendidikan pelamar dari portal https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa (panduan screenshoot/printscreen dapat
diunduh di portal https://bkd.labura.go.id);

11. Bagi pelamar dengan kreteria Cumlaude, di tambah dengan bukti Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi dengan Akreditasi A / Unggul dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT);

12. Bagi pelamar dengan kriteria Disabilitas ditambah dengan surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah / Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat disabilitas ;

Seleksi dan Pelaksanaan Ujian

1. Seleksi

Tahapan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu
Utara terdiri dari 3 tahap dengan sistem gugur yang meliputi :

a. Seleksi Administrasi;

b. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT); dan

c. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan Computer Assisted Test (CAT);

2. Pelaksanaan Ujian

a. Tempat

Pelaksanaan Ujian SKD dan SKB bertempat di Aula Ahmad Dewi Syukur Kabupaten Labuhanbatu Utara, yang beralamat di Komplek Kantor Bupati Labuhanbatu Utara Jl. Jend. Sudirman Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara.

b. Jadwal Pelaksanaan

(1) Pengumuman : 8 November 2019

(2) Pendaftaran Online : 11 – 25 November 2019

(3) Pengumuman Hasil Seleksi Admnistrasi : 16 Desember 2019

(4) Masa Sanggah : 17 – 19 Desember 2019

(5) Pengumuman Hasil Sanggah : 26 Desember 2019

(6) Seleksi Kompetensi Dasar : Februari 2020

(7) Pengumuman Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) : Maret 2010

(8) Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) : Maret 2020

(9) Pengumuman Akhir Seleksi CPNS Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2019 : April 2020

Pengumuman lengkap terkait seleksi CPNS 2019 Kabupaten Labuhanbatu Utara dapat di unduh pada link di bawah ini.

1. Pengumuman Penerimaan dan pendaftaran (DOWNLOAD)

2. Formasi CPNS Kabupaten Labuhanbatu Utara (DOWNLOAD)

3. Contoh Surat Lamaran (DOWNLOAD)

4. Contoh Surat Pernyataan I dan II (DOWNLOAD)

5. Panduan Tangkapan Layar (Screenshoot) (DOWNLOAD)

Tinggalkan Balasan