Rincian Formasi dan Persyaratan Seleksi CPNS KemenPUPR Tahun 2019

Rincian Formasi dan Persyaratan Seleksi CPNS KemenPUPR Tahun 2019

Amongguru.com. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) telah mengumumkan informasi tentang seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Pengumuman tersebut bernomor : KP.01.03-Mn/2127 tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Jabatan Fungsional Jenjang Keahlian dan Keterampilan Tahun 2019.

Di dalam pengumuman tersebut, diinformasikan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia membuka kesempatan kepada lulusan Diploma Tiga (D-III)/Diploma Empat (D-IV)/ Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2), untuk mengisi 1.048 formasi yang dibagi dalam 18 jabatan.

Periode pendaftaran akan dibuka tanggal 11 November  2019 sampai dengan 25 November 2019 secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id

Segala informasi lebih detil terkait seleksi CPNS KemenPUPR tahun 2019, dapat dilihat di website Sistem Seleksi CPNS Nasional (https://sscn.bkn.go.id) dan website pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (https://cpns.pu.go.id).

Kriteria Pelamar

Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2019 dibagi ke dalam 4 (empat) jenis formasi dengan kategori pelamar sebagai berikut.

1. Pelamar formasi umum

Pelamar formasi umum adalah calon peserta seleksi yang memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019 selain persyaratan yang diatur untuk jenis formasi khusus.

2. Pelamar formasi khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude)

Peamar Cumlaude adalah calon peserta seleksi yang melamar pada formasi khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude) dan memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019 yang merupakan :

a. lulusan Sarjana (S.1) dari Perguruan Tinggi dalam negeri dengan predikat kelulusan “Dengan Pujian”/Cumlaude dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan (pada saat tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah); atau

b. lulusan Sarjana (S.1) dari Perguruan Tinggi luar negeri dengan predikat kelulusan “Dengan Pujian”/Cumlaude setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “Dengan Pujian”/Cumlaude dari Kementerian yang menyelenggarakaan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.

3. Pelamar formasi khusus Penyandang Disabilitas

Pelamar penyandang disabilitas adalah calon peserta seleksi yang melamar pada formasi khusus Penyandang Disabilitas dan memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019 yang merupakan Penyandang disabilitas pada kaki/tungkai bawah yang bersifat permanen (bukan bersifat sementara/temporer) dan masih dapat beraktifitas secara mandiri.

Penyandang Disabilitas selain melamar pada formasi khusus penyandang disabilitas, juga dapat melamar pada Formasi Umum dan Formasi Khusus lainnya.

4. Pelamar formasi khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat

Pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah calon peserta seleksi yang melamar pada formasi khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat dan memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019 yang merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak dan/atau ibu).

6. Pelamar kategori P1/TL

a. Pelamar kategori P1/TL adalah peserta seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 dan memenuhi nilai ambang batas/passing grade berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 serta masuk dalam 3 (tiga) kali formasi. jabatan yang dilamar untuk dapat mengikuti SKB tahun 2018, tetapi dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir.

b. Peserta P1/TL dapat mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019 dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut.

1) Nilai SKD tahun 2018 memenuhi nilai ambang batas/passing grade SKD tahun 2019 untuk jabatan dan jenis formasi yang akan dilamarnya.

2) Kualifikasi pendidikan pada formasi jabatan yang dilamar tahun 2019 harus sama dengan kualifikasi pendidikan yang telah digunakan pada saat pelamaran tahun 2018.

3) mendaftar di SSCN dengan menggunakan NIK yang sama dengan yang digunakan saat pendaftaran seleksi CPNS Tahun 2018 dan dilakukan proses pendaftaran/pengunggahan dokumen sebagaimana yang dipersyaratkan sesuai jabatan yang dilamar di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

c. Data Peserta P1/TL didasarkan pada basis data hasil SKD tahun 2018 yang disimpan dalam SSCN BKN.

Persyaratan Umum Pelamar

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

3. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih (Dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir Seleksi Pengadaan CPNS).

6. Bebas dari penyalahgunaan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya dan tidak pernah terlibat tindak pidana terkait penyebaran Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (Dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA yang masih berlaku pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir Seleksi Pengadaan CPNS).

7. Bersedia untuk membatalkan perjanjian/kontrak kerja dengan instansi pemerintah/swasta lain, pada saat dinyatakan lulus.

8. Bersedia ditempatkan di seluruh Unit Organisasi/Unit Kerja/Satuan Kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dibuktikan dengan menandatangani dan menyampaikan Surat Pernyataan pada saat pendaftaran).

9. Bersedia bekerja dan menjalani ikatan dinas sekurang-kurangnya selama 10 (sepuluh) tahun dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sejak diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dibuktikan dengan menandatangani dan menyampaikan Surat Pernyataan pada saat pendaftaran).

10. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer yang meliputi kemampuan mengoperasikan sistem operasi, menggunakan microsoft office dan menggunakan internet (pengoperasian email dan kemampuan browsing/searching).

Jadwal dan Lokasi Seleksi

Jadwal dan lokasi pelaksanaan Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2019, adalah sebagai berikut.

Jadwal Umum Pelaksanaan Seleksi

1 Pengumuman Pengadaan CPNS : 7 November 2019

2. Pendaftaran secara Online : 11 November – 25 November 2019

3. Seleksi Administrasi : 15 November 2019 – 15 Desember 2019

4. Verifikasi Jenis dan Tingkat Disabilitas bagi Pelamar Penyandang Disabilitas : 1 Desember 2019

5. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 16 Desember 2019

6. Masa Sanggah : 17 – 19 Desember 2019

7. Verifikasi & Tanggapan Sanggah : 20 – 26 Desember 2019

8. Pengumuman Revisi Hasil Seleksi Administrasi : 28 Desember 2019

9. Pencetakan Kartu Peserta Seleksi CPNS : 29 Desember 2019

10. Pengumuman Jadwal SKD : Januari 2020

11. Pelaksanaan SKD : Februari 2020

12. Pengumuman Hasil SKD dan Peserta yang mengikuti SKB : Maret 2020

13. Pengumuman Jadwal SKB : Maret 2020

14. Pelaksanaan SKB : Maret 2020

15. Integrasi nilai SKD dan SKB : April 2020

16. Pengumuman Kelulusan Akhir : April 2020

17. Pemberkasan Dokumen Usulan NIP bagi Peserta yang lulus seleksi : April 2020

Jadwal pelaksanaan seleksi dapat berubah sewaktu-waktu apabila terdapat kebijakan baru dari Panitia Seleksi Nasional.

Lokasi Pelaksanaan Seleksi

Lokasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang akan dilaksanakan di 6 (enam) lokasi, sebagai berikut.

1. Jakarta

2. Medan

3. Surabaya

4. Banjarmasin

5. Makassar

6. Jayapura

Pelamar dibebaskan untuk memilih lokasi seleksi (Dianjurkan untuk memilih lokasi seleksi yang paling dekat dengan domisili pelamar sehingga memudahkan akses pelamar). Jadwal dan alamat lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), akan diumumkan kemudian.

Pengumuman pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipiul Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk Jabatan Fungsional Jenjang Keahlian dan Keterampilan Tahun 2019 dapat di unduh di sini.

Demikian informasi rincian formasi dan persyaratan seleksi CPNS KemenPUPR Tahun 2019.

Tinggalkan Balasan