Prosedur Uji Lemak Pada Bahan Makanan Dilengkapi Gambar

Prosedur Uji Lemak Pada Bahan Makanan Dilengkapi Gambar

Amongguru.com. Lemak merupakan sumber energi bagi tubuh, selain karbohidrat dan protein. Lemak dapat dijadikan sebagai sumber energi cadangan apabila tidak ada karbohidrat.

Lemak di dalam tubuh manusia dibagi menjadi tiga, yaitu kolesterol, trigliserida, dan fosfolipid. Kolesterol merupakan sejenis zat lilin yang berfungsi penting dalam membangun sel dan memproduksi hormon, vitamin D, dan asam empedu untuk pencernaan.

Trigliserida adalah zat yang secara khusus berasal dari lemak dalam makanan. Kelebihan kalori dan gula yang masuk ke tubuh juga akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Fosfolipid mirip seperti trigliserida, tetapi dengan bentuk dan fungsi yang sedikit berbeda. Fosfolipid berperan penting dalam pembentukan lapisan ganda lipid, yang membantu menjaga struktur membran sel.

Baca :

Fosfolipid terdapat di dalam empedu dan berperan dalam membantu memecah lemak secara proses pencernaan. Empedu merupakan cairan alkali yang terletak di usus kecil manusia.

Fungsi Lemak

Setiap satu gram lemak memiliki sembilan kalori, dua kali lipat lebih banyak daripada kalori protein dan karbohidrat.

Ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak energi daripada yang dibutuhkan tubuh, maka makanan berlebih tersebut akan disimpan sebagai lemak di bawah kulit.

Kelebihan lemak ini juga disimpan pada bagian paha dan perut, sehingga efeknya akan membuat kulit menjadi lebih berisi atau gemuk.

Lemak berperan sebagai sumber energi terbesar bagi tubuh. Selain itu, lemak juga berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap hangat.

Sehingga, orang-orag Eskimo yang hidup di wilayah kutub harus banyak mengkonsumsi daging yang memiliki kandungan lemak tinggi agar mereka tidak kedinginan.

Fungsi lain lemak adalah untuk melarutkan vitamin A, D, E, dan K serta membentuk membran sel. Terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tidak jenuh.

Lemak jenuh adalah lemak yang terdapat pada bahan makanan hewani, misalnya daging. Sedangkan lemak tidak jenuh, banyak ditemukan pada bahan makanan dari tumbuhan, misalnya minyak goreng dan kelapa.

Prosedur Uji Lemak

Kandungan lemak pada bahan makanan dapat diketahui dengan dilakukannya uji lemak. Berikut ini adalah contoh prosedur uji lemak pada bahan makanan.

A.  Alat dan Bahan

  • Minyak goreng
  • Etanol (alkohol)
  • Air
  • Tabung reaksi
  • Pipet tetes

B.  Cara Kerja

  • Masukkan 4 tetes minyak goreng ke dalam tabung reaksi.

Percobaan Sains Sederhana Uji Lemak Dalam Makanan

  • Tambahkan 2 mL etanol ke dalam tabung reaksi. Kocok hingga kedua cairan bercampur.

  • Masukkan 2 mL air ke dalam campuran minyak goreng dan alkohol. Kocok kembali dan amati warna larutan tersebut.

C.  Hasil Percobaan

Larutan minyak goreng menjadi berwarna putih keruh. Hal ini membuktikan bahwa di dalam minyak goreng terdapat kandungan lemak.

Demikian tadi ulasan mengenai prosedur uji lemak pada bahan makanan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan