Prosedur Operasional Standar POS Ujian Nasional UN Tahun 2019 / 2020

Prosedur Operasional Standar POS Ujian Nasional UN Tahun 2019 / 2020

Amongguru.com. Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 perlu disusun untuk acuan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2020.

POS UN tahun 2020 diterbitkan secara resmi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk mengatur penyelenggaraan Ujian Nasional, baik dari segi teknik pelaksanaan maupun adminsitrasi.

Satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyusun Prosedur Operasional Standar UN tahun pelajaran 2019/2020 dengan mengacu pada POS UN yang diterbitkan oleh BSNP.

Penyusunan POS Ujian Nasional (UN) tahun 2020 ini sesuai dengan amanat Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan, dimana tiap satuan pendidikan perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional.

Tujuan Ujian Nasional Tahun 2020

Ujian Nasional menjadi sebuah sistem evaluasi standar yang sampai saat ini masih digunakan oleh pemerintah untuk pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Ujian Nasional sebagai upaya pemerintah di dalam mengukur dan mengendalikan mutu pendidikan di Indonesia.

Pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 bertujuan untuk mengukur ketercapaian kompetensi lulusan secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Hasil dari Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 selanjutnya akan digunakan untuk pemetaan mutu program pendidikan atau satuan pendidikan.

Dengan demikian, penyelenggaraan Ujian Nasional menjadi bentuk pertanggungjawaban pemerintah terhadap penyelenggaraan pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Selain itu, hasil ujian nasional tersebut akan menjadi bahan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.

Hasil Ujian Nasional juga menjadi dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Berdasarkan hal tersebut, maka peserta didik diwajibkan untuk mengikuti Ujian Nasional sesuai ketentuan yang dipersyaratakan.

Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah jalur formal termasuk SPK, nonformal kesetaraan dan informal wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta didik wajib mengikuti Ujian Nasional rangka pengukuran capaian standar kompetensi lulusan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik.

Kelulusan Ujian Nasional Tahun 2020

Kelulusan peserta didik pada Ujian Nasional tingkat satuan pendidikan ditentukan oleh tiga komponen berikut.

1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

2. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik.

3. Lulus ujian Satuan Pendidikan/program pendidikan.

Pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional dinyatakan dalam kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Penilaian pencapaian kompetensi lulusan Ujian Nasional didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100.

Baca : Download Kisi-Kisi Ujian Nasional UN Tahun 2019/2020 Lengkap

Nilai Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah gabungan antara nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan nilai Ujian Teorij Kejuruan dengan pembobotan 70% untuk nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan 30% untuk nilai Ujian Teori Kejuruan.

Kriteria Kelulusan Kompetensi Keahlian Kejuruan selanjutnya ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMK.

Soal Ujian Nasional Tahun 2020

Soal Ujian Nasional disusun dan dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Kisi-kisi soal Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi Ujian Nasional tersebut memuat level kognitif dan lingkup materi yang diujikan.

Soal dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional yang telah ditetapkan. Proses pengembangan soal ini melibatkan unsur-unsur guru mata pelajaran, dosen perguruan tinggi, anggota BSNP, dan tentunya pakar penilaian pendidikan.

Baca : Surat Edaran BSNP tentang Jadwal Ujian Nasional UN Tahun 2020

Biaya pelaksanaan UN di satuan pendidikan dianggarkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pendidikan formal atau Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk pendidikan kesetaraan, baik pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di Kementerian Agama.

Penyelenggaran Ujian Nasional untuk tahun pelajaran 2019/2020 masih menggunakan dua bentuk ujian, yaitu Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Akan tetapi, persentase satuan pendidikan penyelenggara Ujian Nasional dengan sistem UNBK tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Prosedur Operasional Standar POS Ujian Nasional UN Tahun 2019 / 2020

Di dalam membantu memahami secara teknis dan administratif tentang pelaksanaan Ujian Nasional, maka BSNP memiliki kewajiban untuk menerbitkan Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional.

Badan Standar Nasional (BSNP) telah menerbitkan Keputusan Nomor 0051/P/BSNP/XI/2019 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020.

POS UN Tahun Pelajaran 2019/2020 nantinya akan mengatur tentang pelaksanaan dan teknis penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Komponen-komponen yang tercantum dalam POS Ujian Nasional (UN) adalah sebagai berikut.

1. Peserta Ujian Nasional

2. Penyelenggara dan Pelaksana Ujian Nasional

3. Penyiapan Ujian Nasional

4. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

5. Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP)

6. Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan

7. Ujian Nasional Perbaikan

8. Pemeriksaan Hasil Ujian Nasional

9. Kriteria Pencapaian Kompetensi Lulusan Berdasarkan Hasil Ujian Nasional

10. Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan

11. Biaya Pelaksanaan Ujian Nasional

12. Prosedur Penanganan Masalah dan Tindak Lanjut

13. Sanksi

14. Pengaturan Khusus

15. Kejadian Luar Biasa

Berikut ini beberapa poin penting dalan POS Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020.

A. Persyaratan Umum Peserta Ujian Nasional

  1. Peserta didik telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu Jenjang Pendidikan di satuan pendidikan tertentu.
  2. Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu Jenjang Pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.
  3. Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada Pendidikan Kesetaraan.
  4. Di dalam rangka penjaminan mutu pendidikan, dinas pendidikan sesuai kewenangannya dapat menetapkan persyaratan tambahan sesuai dengan kebutuhan dan/atau perkembangan pendidikan di daerah.

B. Hak dan Kewajiban Peserta Ujian Nasional

Hak Peserta Ujian Nasional
  1. Setiap peserta didik pendidikan dasar dan menengah jalur formal dan jalur non-formal kesetaraan berhak mengikuti UN, dan peserta UN jenjang SMA/MA, SMK/MAK sederajat dan Program Paket C/Ulya berhak mengulang sebelum mencapai kriteria cukup yang ditetapkan BSNP.
  2. Peserta didik pada pendidikan jalur informal yang terdaftar di satuan pendidikan non-formal kesetaraan atau formal berhak mengikuti UN.
  3. Setiap peserta UN berhak mendapatkan SHUN yang memuat mata pelajaran yang ditempuh dalam ujian dan nilai capaiannya.
  4. Peserta UN yang tidak dapat mengikuti UN di satuan pendidikannya karena alasan tertentu disertai bukti yang sah, dapat mengikuti UN di sekolah/madrasah lain pada jenjang dan jenis pendidikan yang sama.
  5. Peserta UN yang tidak dapat mengikuti UN Utama dengan alasan tertentu dan disertai bukti yang sah berhak mengikuti UN Susulan.
Kewajiban Peserta Ujian Nasional
  1. Setiap peserta didik pendidikan dasar dan menengah jalur formal termasuk SPK, non-formal kesetaraan dan informal wajib mengikuti UN 1 (satu) kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku tanpa dipungut biaya dalam rangka pengukuran capaian standar kompetensi lulusan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik.
  2. Setiap peserta ujian wajib mematuhi tata tertib Ujian Nasional.

C. Kisi-kisi Ujian Nasional

  1. Kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.
  2. Kisi-kisi Ujian Nasional memuat ranah kognitif dan lingkup materi.

D. Kriteria Pencapaian Kompetensi Lulusan Berasarkan Hasil Ujian Nasional

Nilai UN dilaporkan dalam rentang nilai 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus), dengan tingkat pencapaian kompetensi lulusan dalam kategori sebagai berikut.

  • Sangat Baik, jika nilai UN lebih besar dari 85 (delapan puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 100 (seratus).
  • Baik, jika nilai lebih besar dari 70 (tujuh puluh) dan lebih kecil dari atau sama dengan 85 (delapan puluh lima).
  • Cukup, jika nilai lebih besar dari 55 (lima puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 70 (tujuh puluh).
  • Kurang, jika nilai lebih kecil dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima).

……….

Prosedur Operasional Standar POS Ujian Nasional UN Tahun 2019/2020 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

POS UN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Unduh)

Demikian informasi mengenai Prosedur Operasional Standar POS Ujian Nasional UN Tahun 2019 / 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan