Program IISMA 2023 : Kriteria, Syarat, dan Jadwal Pendaftaran

Program IISMA 2023 : Kriteria, Syarat, dan Jadwal Pendaftaran

Amongguru.com. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Program beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mengikuti mobilitas internasional ke perguruan tinggi terbaik dunia. Pendaftaran IISMA 2023 akan dibuka mulai tanggal 8 Februari hingga 1 Maret mendatang.

Program IISMA merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa untuk merasakan atmosfer pembelajaran di berbagai kampus ternama luar negeri selama satu semester.

Terkait dengan persiapan pelaksanaan program IIMA 2023, Kemendikbudristek telah menyelenggarakan Sosialisasi Program IISMA Jalur Sarjana dan Vokasi 2023 ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II (Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung), VIII (Bali dan NTB), IX (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat), X (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau), XI (Kalimantan), XII (Maluku dan Maluku Utara), XIV (Papua dan Papua Barat), XV (NTT), serta XVI (Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh pimpinan LLDIKTI, pimpinan perguruan tinggi, perwakilan kantor urusan internasional, dekan, kaprodi, dosen, serta mahasiswa. Program IISMA Jalur Sarjana telah diselenggarakan sejak tahun 2021, sedangkan Jalur Vokasi baru dibuka di tahun 2022. Selain mengikuti perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi penerima di luar negeri, khusus bagi peserta IISMA Jalur Vokasi, mereka juga berkesempatan bekerja dengan industri terkemuka dunia.

Mitra Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) yang bergabung pada IISMA 2023 berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Australia untuk program sarjana. Sementara untuk program vokasi, kerja sama dilakukan dengan PTLN dari negara Amerika Serikat, Belanda, Italia, dan Perancis. Di antara deretan mitra PTLN, terdapat nama perguruan tinggi top dunia seperti Yale University, University College London, dan University of Edinburgh.

Mahasiswa vokasi yang mengikuti program IISMA mendapat dua kesempatan emas. Bukan hanya belajar di kampus mancanegara, tetapi juga pengalaman magang di perusahaan internasional.

Progam IISMA 2023

Berikut ini kriteria pendaftaran Program IISMA Tahun 2023.

1. Mahasiswa Aktif terdaftar di PDDI KTI

2. WNI (tanpa kewarganegaraan ganda)

3. Angkatan 2020 atau 2021

4. Maksimal berusia 23 tahun pada 1 Juli 2023

5. Tidak pernah mengambil cuti selama kuliah

5. Tidak pernah berpartisipasi dalam kegiatan mobilitas internasional secara fisik termasuk Summer/Winter Program, Internship, Exchange, Credit Mobility, Sit-in, Dual/double degree, Studi Ekskursi, Global Project-Based Learning selama berkuliah.

6. IPK minimum 3.0

7. Memiliki nilai sertifikasi bahasa Inggris yang cukup yaitu minimal IELTS – 6.0, TOEFL iBT – 78, Duolingo English Test – 100; Atau sanggup mendapatkan sertifikat bahasa Inggris sesuai kriteria sampai dengan 28 Februari 2023 (dibuktikan dengan surat pernyataan kesanggupan)

8. Tidak menerima biaya hidup/tunjangan hidup dari Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selama mengikuti program IISMA.

9. Tidak mengikuti program Kampus Merdeka lainnya selama mengikuti program IISMA

10. Belum pernah mengikuti lebih dari 1 program Kampus Merdeka sebelum mendaftar program IISMA

11. Bersedia untuk menaati seluruh aturan dan mengikuti seluruh kegiatan yang ditetapkan oleh program IISMA.

12. Telah menyelesaikan mata kuliah tahap persiapan

13. Memiliki paspor aktif minimal 1 tahun per Juli 2023

Sedangkan persyaratan pendaftaran Program IISMA Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Memenuhi persyaratan nasional sesuai dengan https://site.iisma.id/eligibility-required-documents/

2. Memiliki sertifikat GCW Non Degree/ GCW IUP Basic/ GCW IUP Advanced/ Test GCW/ bukti keikutsertaan GCA

Berikut ini dokumen yang dibutuhkan dalam Pendaftaran Program IISMA Tahun 2023. Persiapkan dokumen yang diperluka.

1. Surat rekomendasi ditandatangani oleh Kepala Kantor Internasional atas nama Wakil Rektor Bidang Akademik. Unduh disini

2. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo).

3. Transkrip akademik (dalam bahasa Inggris).

4. Deklarasi Non-Pendaftaran dalam Program Pertukaran/Mobilitas Pelajar Internasional Fisik/Non-Online. Unduh disini

5. Pernyataan Bebas dari Narkotika, Psikotropika, atau zat adiktif lainnya. Unduh disini

6. Deklarasi Non-Keterlibatan dalam Kekerasan Seksual. Unduh disini

Demikian informasi mengenai Program IISMA 2023 (kriteria, syarat, dan jadwal pendaftaran). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan