Planet Saturnus, Ciri-ciri dan Fakta Menariknya Dilengkapi Gambar

Planet Saturnus, Ciri-ciri dan Fakta Menariknya Dilengkapi Gambar

Amongguru.com. Saturnus merupakan planet keenam dalam urutan sistem Tata Surya. Saturnus disebut juga planet bercincin, karena terdapat cincin di sekitarnya.

Karena adanya cincin inilah, sehingga bentuk Saturnus terlihat berbeda dengan ketujuh planet lainnya dan menjadi planet yang menakjubkan untuk dilihat.

Selain itu, Saturnus juga menjadi planet terbesar kedua dalam sistem Tata Surya setelah Yupiter.

Cincin Saturnus mempunyai keunikan karena terdiri dari beribu-ribu cincin yang mengelilingi planet tersebut.

Bahan pembentuk cincin pada planet Saturnus sampai saat ini masih belum dapat diketahui secara pasti.

Diperkirakan cincin-cincin tersebut adalah bongkahan-bongkahan dari es meteorit. Cincin ini terentang dari 6.630 km sampai 120.700 km di atas atmosfer Saturnus.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai planet Saturnus, berikut ini ciri-ciri dan fakta menarik tentang planet tersebut.

1. Bentuk dan Ukuran

Saturnus memiliki bentuk yang diratakan di kutub dan dibengkakkan keluar pada sekitar khatulistiwa.

Kerapatan Planet Saturnus sangat rendah dikarenakan sebagian zat penyusun planet ini adalah gas dan cairan.

Atmosfer Saturnus terdiri dari gas amonia dan metana, sehingga tidak mungkin ada makhluk hidup yang menempati planet tersebut.

Diameter pada bagian khatulistiwa Saturnus sebesar 120.536 kilometer, sedangkan diameter dari Kutub Utara ke Kutub Selatan sebesar 108.728 kilometer.

2. Rotasi dan Revolusi

Karena memiliki bentuk yang diratakan, maka Saturnus memiliki rotasi yang lebih cepat. Saturnus akan berotasi setiap 10 jam 14 menit waktu Bumi. Hal ini berbeda dengan revolusi planet Saturnus.

Jarak Saturnus dengan Matahari yang sangat jauh, yaitu kurang lebih 1,4 miliar km atau sekitar 9 kali jarak antara Bumi dengan Matahari.

Jauhnya Jarak Saturnus dengan Matahari, menjadikan Saturnus berevolusi lebih lama, yaitu 29,46 tahun. Setiap 378 hari, Bumi, Saturnus, dan Matahari akan berada dalam satu garis lurus.

3. Satelit Alami

Planet Saturnus memiliki 56 satelit alami, dengan ukuran dari yang paling kecil sampai besar. Beberapa satelit alami Saturnus yang memiliki ukuran besar adalah Titan, Rhea, Lapetus, Dione, Tethys, Enceladus dan Mimas.

Titan adalah satelit terbesar yang dimiliki Uranus, bahkan ukurannya lebih besar dari planet Merkurius. Sedangkan satelit dari Uranus adalah Hyperion dan Phoebe dengan diameter kurang lebih 200 km.

4. Atmosfer

Atmosfer Saturnus lebih redup dibandingkan atmosfer pada planer Yupiter. Awan terendah Saturnus terbuat air es dan dengan ketebalan sekitar 10 km, sehingga suhu planet tersebut cukup rendah, sekitar -23 derajat Celcius.

Bagian teratas dari atmosfer Saturnus tersusun atas gas hidrogen dan helium, dengan ketebalan sekitar 200 km.

Suhu bagian atas dari atmosfer planet Saturnus sangat rendah, yaitu sekitar -175 derajat Celcius.

Baca juga : Anggota Planet Dalam dan Ciri-Cirinya Dilengkapi Gambar

Angin Saturnus juga merupakan salah satu dari angin terkencang dalam Tata Surya, mencapai kecepatan 500 m/s atau 1.800 km/jam, jauh lebih cepat daripada angin yang ada di Bumi.

5. Inti Planet

Saturnus adalah planet yang memiliki inti sangat panas. Suhu inti planet Saturnus dapat mencapai hingga 14.730 derajat Celcius.

Inti planet Saturnus meradiasi kurang lebih 2,5 kali lebih panas dibandingkan jumlah energi yang diterimanya dari Matahari. Besarnya inti planet Saturnus sama dengan dengan Bumi, akan tetapi massa jeninya lebih besar.

6. Cincin Saturnus

Menurut sejarah, cincin Saturnus pertama kali dilihat oleh Galileo Galilei dengan teleskop ciptaan mereka di tahun 1610. Cincin ini menjulur 6.630 km hingga 120.700 km atas khatulistiwa Saturnus.

Cincin Saturnus menurut terdiri dari ribuan cincin yang mengelilingi planet tersebut dan diduga tersusun atas bebatuan silikon dioksida, oksida besi, partikel es, serta batu.

Demikian ciri-ciri planet Saturnus dan fakta-fakta menariknya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan