Petunjuk Teknis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS Tahun 2020

Petunjuk Teknis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS Tahun 2020

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS Tahun 2020.

Pusat Prestasi Nasional bekerja sama dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dan Universitas Gadjah Mada akan menyelenggarakan kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 33 Tahun 2020.

Kegiatan PIMNAS ini merupakan bagian puncak dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), melalui kegiatan ini akan hadir peneliti-peneliti muda yang mampu memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di Indonesia, melalui bidang yang diminati pada kegiatan PIMNAS.

Berdasarkan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia, kegiatan PIMNAS ke 33 Tahun 2020 akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 24 sampai dengan 29 November 2020.

Latar Belakang

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)dan sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional.

Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh manfaat yang besar bagi peningkatan kreativitas di bidang ilmunya masing-masing.

Pada tahun 2020 ini, seperti juga pelaksanaan kegiatan PKM dan PKP2, kegiatan PIMNAS yang biasanya dilaksanakan secara luring diubah menjadi kegiatan berbasis daring.

Meskipun dilaksanakan secara daring, tim mahasiswa pelaksana PKM tetap dituntut agar mampu menunjukkan level tertinggi kreativitas dan kemanfaatan produk intelektualnya.

Dengan demikian, kritik, saran dan pujian yang diperoleh akan menjadi komponen penting bagi mahasiswa dalam upayanya meningkatkan kinerja akademik di kemudian hari.

Konsekuensinya, fasilitas media daring dan sarana yang diperlukan untuk berkomunikasi antar mahasiswa atau kelompok mahasiswa pada kegiatan PIMNAS harus tersedia dan bermutu.

Hal ini diperlukan untuk memaksimalkan mahasiswa dalam menampilkan hasil kreasi intelektual, baik saat presentasi di kelas secara daring maupun karya poster di ruang pamer poster.

Selain itu, tuntutan Tim Juri yang bermutu dan transparan harus terpenuhi agar seluruh mahasiswa memperoleh informasi akademik dan kreativitas dengan baik sehingga dapat meletakkannya pada posisi tawar lebih tinggi.

PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan kali ini oleh Pusat Prestasi Nasional atas kesediaan Perguruan Tinggi penyelenggara.

PIMNAS merupakan forum pertemuan ilmiah dan pameran poster ide kreatif mahasiswa, yang diikuti kelompok mahasiswa melalui jalur PKM yang diadakan oleh Dir. Belmawa Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Pada PIMNAS tahun ini secara khusus telah ditunjuk Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai tuan rumah pelaksana PIMNAS ke 33 tahun 2020.

Tujuan

Tujuan peaksanaan PIMNAS adalah sebagai berikut.

  1. Menjadi media dan sarana komunikasi mahasiswa seluruh Indonesia.
  2. Membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah.
  3. Mempertajam wawasan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  4. Meningkatkan posisi tawar mahasiswa di dunia kerja atau masyarakat.
  5. Memberi umpan balik terhadap proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi.
  6. Meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya pada suatu forum ilmiah.
  7. Mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI.

Peserta

Penetapan Peserta PIMNAS berdasarkan hasil penilaian oleh Tim Penilai dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria tertentu.

Dilaksanakan oleh Direktorat Belmawa Ditjen Dikti Kemendikbud RI. Tim yang memenuhi kriteria tersebut yang diusulkan ke Pusprenas Kemendikbud RI sebagai peserta PIMNAS.

Kriteria peserta PIMNAS, yaitu tim pelaksana PKM yang mencapai nilai tertentu terdiri dari:

1.Peserta PIMNAS PKM 5 Bidang ditetapkan berdasarkan:

a. Nilai presentasi pada saat PKP 2 dengan bobot 20%;

b. Nilai Narrative Review (untuk PKMP) dan video pelaksanaan program (untuk PKMM, PKMT, PKMK, dan PKMKC) dengan bobot 30%;

c. Nilai Proposal dengan bobot 30%;

d. Nilai Laporan Kemajuan dengan bobot 20%.

2. Peserta PIMNAS PKM-GT ditetapkan berdasarkan nilai artikel.

3. Peserta PIMNAS PKM-GFK ditetapkan berdasarkan nilai Proposal dan video.

Petunjuk Teknis Juknis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS Tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh di sini.

Demikian petunjuk teknis Juknis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan