Petunjuk Teknis Juknis Supervisi Pembelajaran MI Terbaru Tahun 2021

Petunjuk Teknis Juknis Supervisi Pembelajaran MI Terbaru Tahun 2021

Amongguru.com. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Supervisi Pembelajaran MI Terbaru Tahun 2021.

Juknis Supervisi Pembelajaran MI Terbaru Tahun 2021 tersebut tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6334 Tahun 2021.

Petunjuk Teknis Supervisi Pembelajaran MI ini diterbitkan untuk menindaklanjuti Keputusan Menteri Agama Nomor 624 Tahun 2021 tentang Pedoman Supervisi Pembelajaran pada Madrasah.

Untuk menjamin mutu pengelolaan pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), maka perlu dilakukan supervisi pembelajaran.

Di dalam rangka standarisasi pelaksanaan supervisi pembelajaran tersebut, diperlukan Petunjuk Teknis Supervisi Pembelajaran pada MI.

Di dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 624 Tahun 2021 tentang Pedoman Supervisi pada Madrasah dijelaskan bahwa supervisi pembelajaran adalah usaha pendampingan dan pembinaan dalam rangka peningkatan kemampuan pengelola pembelajaran, baik guru, kepala madrasah, serta tenaga kependidikan lainnya.

Supervisi pembelajaran di Madrasah merupakan serangkaian usaha pendampingan terhadap aktivitas pembelajaran di madrasah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Supervisi pembelajaran ini mencakup kegiatan pembinaan, pembimbingan, pelatihan, konsultasi, pendampingan, dan pemantauan pembelajaran, baik dalam aspek kompetensi maupun pelaksanaan tugas pokok pembelajaran.

Tugas pokok pembelajaran yang dimaksud meliputi tahapan perencanaan pembelajaran, pelaksaaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Supervisi pembelajaran diarahkan untuk pengendalian, penjaminan, dan perbaikan mutu pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik sesuai dengan kompetensi pembelajaran abad 21.

Kompetensi tersebut dibutuhkan untuk menyiapkan dirinya dalam kehidupan masa depan di abad 21.

Supervisi pembelajaran tidak hanya berorientasi pada dokumen administrasi semata, akan tetapi lebih pada pelayanan yang bersifaf fleksibel, humanis, dan ramah.

Memperhatikan pentingnya supervisi pembelajaran dalam penjaminan mutu penyelenggaraan pembelajaran di madrasah, maka petunjuk teknis supervisi pembelajaran ini sangat diperlukan untuk memastikan usaha mewujudkan pelayanan pembelajaran yang optimal di madrasah.

Tujuan

Petunjuk teknis ini bertujuan untuk memberikan arahan dan panduan pelaksanaan supervisi pembelajaran di MI, sehingga terwujud penjaminan mutu pembelajaran di MI, khususnya dalam menyelenggarakan pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian kompetensi abad 21.

Baca :

Ruang Lingkup

Petunjuk Teknis ini menjelaskan latar belakang, tujuan, objek supervisi pembelajaran, dan sasaran supervisi pembelajaran yang diuraikan dalam bab pendahuluan, memperjelas konsep program supervisi pembelajaran yang dijabarkan pada bab dua, dan memandu pelaksanaan supervisi di MI yang dijelaskan pada bab tiga.

Objek Supervisi Pembelajaran

Objek supervisi pembelajaran adalah aspek-aspek yang terkait dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Sasaran

Sasaran petunjuk teknis ini adalah pengawas madrasah, kepala madrasah, dan guru madrasah dalam menjalankan tugas supervisi pembelajaran untuk menjamin kualitas pembelajaran di MI.

Pendekatan Supervisi Pembelajaran

Supervisi pembelajaran di MI dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang bersifat pembinaan, pembimbingan, pelatihan, konsultasi, pendampingan, dan pemantauan pembelajaran.

Supervisi pembelajaran dilaksanakan dengan asas dialogis konsultatif dan menjamin terwujud dan terpeliharanya kreativitas guru dalam mewujudkan proses pembelajaran yang dapat membangkitkan daya kreatif, kritis, komunikatif, dan kolaboratif peserta didik.

Supervisi pembelajaran wajib dilaksanakan oleh kepala dan/atau pengawas madrasah dengan memperhatikan karakteristik guru dan kondisi pembelajaran yang berlangsung.

Di dalam melaksanakan supervisi pembelajaran, perlu dihindari praktik penilaian semata. Pelaksanaan supervisi pembelajaran yang lebih tepat adalah pendampingan dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif.

Pendekatan yang dapat diterapkan dalam supervisi pembelajaran, antara lain pendekatan direktif (langsung), pendekatan non direktif (tidak langsung), dan pendekatan kolaboratif.

Juknis Supervisi Pembelajaran MI Terbaru Tahun 2021 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.

 

Unduh

Demikian Petunjuk Teknis (Juknis) Supervisi Pembelajaran MI Terbaru Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan