Petunjuk Teknis Juknis OPSI SMP MTs Sederajat Tahun 2022

Petunjuk Teknis Juknis OPSI SMP MTs Sederajat Tahun 2022

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis OPSI SMP MTs Sederajat Tahun 2022.

Buku petunjuk teknis pelaksanaan OPSI SMP 2022 ini menjelaskan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan OPSI sebagai pedoman bagi penyelenggaraan OPSI SMP tahun 2022.

OPSI dilaksanakan sebagai upaya awal kaderisasi talenta peneliti muda hingga Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

OPSI diselenggarakan dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. OPSI berfokus pada penumbuhan karakter ilmiah melalui kegiatan olimpiade dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk belajar meneliti. Ide-ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar peserta didik.

Melalui kegiatan ini, kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensisumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan.

Dengan demikian, OPSI menjadi wadah bagi para siswa SMP/MTs/sederajat untuk mengaktualisasikan minat, bakat, kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan peserta didik.

Baca :

Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian nasional dan internasional.

Tujuan

1. Tujuan Umum

a. Meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang penelitian yang berasas pendidikan karakter, antara lain religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong.

b. Meningkatkan apresiasi peserta didik terhadap inovasi, penemuan, dan daya cipta dalam IPTEK dan menumbuhkan rasa ingin tahu para peserta didik melalui kegiatan penelitian.

c. Memperkuat ajang komunikasi ilmiah bagi peserta didik dalam lingkup sekolah dan antar sekolah serta silaturahmi peneliti dalam proses belajar.

d. Menumbuhkembangkan kecakapan kolaboratif, kooperatif dan kompetitif secara sehat.

e. Melatih sportivitas dan tanggung jawab para peserta didik dalam menyampaikan atau mengkomunikasikan ide/gagasan cerdas dalam mimbar ilmiah;

f. Meningkatkan persatuan dan kesatuan antara peserta didik di seluruh Indonesia.

2. Tujuan Khusus

a. Meningkatkan budaya meneliti di kalangan siswa.

b. Memperoleh data siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang penelitian.

c. Menjalin komunikasi antar siswa peneliti dari berbagai daerah.

d. Memilih siswa dari tiga bidang ilmu untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.

e. Memotivasi siswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam penelitian pada berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya.

f. Membangun integritas, gigih, sikap bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan, mandiri dan percaya diri.

g. Meningkatkan kemampuan berpikir logis dan analitis, bekerjasama dalam kelompok, serta terampil menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi tertulis maupun melalui karya ilmiah.

h. Menyosialisasikan dan terapresiasinya hasil penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri.

Peserta

Sasaran OPSI SMP tahun 2022 adalah peserta didik SMP/MTs/sederajat di seluruh wilayah Indonesia, dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Ruang Lingkup

Ruang lingkup OPSI SMP tahun 2022 terdiri atas 3 (tiga) kategori bidang ilmu, yaitu sebagai berikut.

1. Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Budaya

Bidang ini berkaitan dengan studi tentang masyarakat, yaitu cara orang berperilaku dan mempengaruhi dunia di sekitar, tentang kebajikan dan cinta kasih manusia terhadap sesama, serta tentang kegiatan atau produk manusia yang melibatkan imajinasi kreatif dalam mengungkapkan nilai-nilai, akal budi dan karya manusia.

2. IImu Pengetahuan Alam dan Lingkungan

Bidang ini berkaitan dengan pemahaman manusia secara sistematis terhadap gejala alam dalam bentuk konsep, prinsip, dan hukum yang teruji kebenarannya melalui suatu metode ilmiah. Termasuk dalam gejala alam adalah lingkungan, yaitu segala sesuatu berupa proses atau peristiwa di sekitar yang bersifat biotik maupun abiotik.

3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa

Bidang ini adalah tentang rancangan, yaitu pemikiran dan upaya membuat sesuatu untuk kepentingan manusia. Perwujudannya berupa produk teknologi.

Pembiayaan

Biaya pelaksanaan OPSI SMP tahun 2022 dibebankan pada Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKAKL) Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2022.

Petunjuk Teknis Juknis Pelaksanaan OPSI SMP MTs Sederajat Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Juknis OPSI SMP MTs Sederajat Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan