Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi Budaya Baca Kemendikbud Tahun 2020

Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi Budaya Baca Kemendikbud Tahun 2020

Amongguru.com. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus menyelenggarakan Apresiasi Budaya Baca tahun 2020.

Apresiasi Budaya Baca Kemendikbud Tahun 2020 terbagi dalam 3 (tiga) kategori, sebagai berikut.

1. Apresiasi Taman Bacaan Masyarakat Kreatif Rekreatif.
2. Apresiasi Video dan Foto Literasi Masyarakat.
3. Apresiasi Menulis Praktik Baik Literasi Masyarakat.

Poster publikasi Apresiasi Budaya Baca Kemendikbud Tahun 2020 dapat di unduh di sini.

Masyarakat pembelajar adalah pemegang kunci kemajuan bangsa. Salah satu syarat utama pembentukan masyarakat pembelajar adalah masyarakat yang gemar membaca.

Akses dan penguasaan ilmu pengetahuan, menjadi modal bagi seseorang untuk lebih berdaya dalam meningkatkan kualitas hidup.

Keterampilan tersebut meliputi literasi dasar, kompetensi dan karakter. Literasi dasar meliputi enam komponen yaitu, literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi, literasi keuangan serta literasi budaya dan kewarganegaraan.

Dengan menguasai keterampilan abad 21, masyarakat diharapkan mampu mengimbangi laju perubahan abad 21. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sejumlah gerakan literasi secara masif, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Salah satu syarat utama pembentukan masyarakat pembelajar adalah masyarakat yang gemar membaca. Akses dan penguasaan ilmu pengetahuan, menjadi modal bagi seseorang untuk lebih berdaya dalam meningkatkan kualitas hidup.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sejumlah gerakan literasi secara masif, baik di tingkat pusat maupun daerah. Salah satunya yaitu Gerakan Literasi Masyarakat (GLM) yang dilaksanakan melalui Gerakan Indonesia Membaca (GIM), mendorong terbentuknya kampung literasi, pembentukan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), donasi buku dan sebagainya sampai ke desa-desa di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut telah melibatkan tokoh masyarakat, selebritas, penulis, relawan, pegiat literasi tampil menjadi sahabat literasi. Mereka berjuang bersama dan saling menginspirasi, serta mendorong kalangan swasta dan media untuk memberikan dukungan.

Di dalam masa pandemi seperti sekarang ini perlu adanya jiwa sukarela dan semnagat gotong royong dalam membantu mayarakat sekitar terutama terkait dengan kegiatan literasi dimasyarakat diharapkan proses pembelajaran dan gerakan literasi dimasyarakat tetap berlangsung meski dalam masa pandemi covid19.

Untuk itu dituntut peran serta aktif dan memberikan kontribusi positif dari semua kalangan. Masyarakat, secara sukarela menjadi relawan dan pegiat literasi.

Tokoh masyarakat, selebritas, penulis, tampil menjadi Sahabat Literasi. Mereka berjuang bersama dan saling menginspirasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pegiat literasi dan masyarakat yang telah menggelorakan semangat dan kegiatan literasi di daearah sekitar dengan memberikan penghargaan berupa Apresiasi Taman Bacaan Masyarakat Kreatif Reaktif; Apresiasi Video dan Foto Literasi Masyarakat; dan Apresiasi Menulis Praktik Baik Literasi Masyarakat.

1. Apresiasi Taman Bacaan Masyarakat Kreatif Rekreatif

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan lembaga atau tempat yang menyediakan bahan bacaan (bahan pustaka) sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan, menyelenggarakan kegiatan pengembangan minat dan budaya baca serta pengembangan literasi di masyarakat.

TBM Kreatif Rekreatif adalah TBM yang menyelenggarakan program literasi yang edukatif, kreatif, inovatif dan menyenangkan yang melibatkan masyarakat secara aktif dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar serta menginspirasi masyarakat luas.

Penghargaan TBM Kreatif Rekreatif merupakan pemberian penghargaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada TBM, baik TBM Mandiri maupun TBM di Satuan Pendidikan atau Lembaga yang mengelola dan menyelenggarakan program serta layanan literasi secara edukatif, kreatif dan inovatif yang memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan menginspirasi masyarakat luas.

2. Apresiasi Video dan Foto Literasi Masyarakat

Apresiasi Video dan Foto Literasi Masyarakat adalah salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kapada masyarakat umum terhadap hasil karya berupa video dan foto yang mencerminkan kegiatan atau aktivitas berliterasi yang ada disekitarnya.

Dari objek yang diambil dalam video dan foto tersebut untuk mengenalkan kepada masyarakat luas tentang pentingnya membaca. kemampuan dan bakat.

Lomba video dan foto literasi masyarakat ini sendiri mulai diperkenalkan dan diadakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan pada tahun 2019.

ideo literasi masyarakat yaitu video yang berisi tentang aktivitas membaca dan literasi lainnya dalam aktivitas di masyarakat yang berada dan memberikan motivati kepada semua masyarakat terhadap Indonesia.•

Sedangkan foto literasi masyarakat merupakan sebuah karya fotografi yang mengedepankan gambaran tentang aktivitas berliterasi yang ada di sekitar masyarakat dengan objek gambar yang mampu menggugah minat masyarakat untuk terus membaca.

3. Apresiasi Menulis Praktik Baik Literasi Masyarakat

Menulis Praktik Baik Literasi Masyarakat adalah sebuah karya tulis yang menceritakan pengalaman terbaik dalam mengembangkan literasi masyarakat, sehingga mampu memberi manfaat serta perubahan yang sifatnya menginspirasi banyak pihak.

Penulisan Praktik Baik Literasi Masyarakat yang terpilih akan diberikan penghargaan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan dari pemberian penghargaan adalah untuk memberikan apresiasi kepada penggiat literasi/penulis yang telah menggelorakan semangat berliterasi kepada masyarakat luas, sehingga dapat menjadi referensi penulisan dan bacaan praktik baik literasi bagi penggiat literasi di Indonesia.

Apresiasi Menulis Praktik Baik Literasi Masyarakat diberikan kepada perorangan yang memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan.

Baca : Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi Keaksaraan Kemendikbud Tahun 2020

Petunjuk Teknis Juknis Budaya Baca Kemendikbud Tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh pada link di bawah ini.

1. Juknis Apresiasi Taman Bacaan Masyarakat Kreatif Rekreatif

Unduh

2. Juknis Apresiasi Video dan Foto Literasi Masyarakat

Unduh

3. Jukni Apresiasi Menulis Praktik Baik Literasi Masyarakat

Unduh

Demikian informasi mengenai Petunjuk Teknis Juknis Budaya Baca Kemendikbud Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan