Petunjuk Pelaksanaan Juklak KNMIPA Nasional Tahun 2020

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Petunjuk Pelaksanaan Juklak Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) Nasional Tahun 2020.

Sebagai rangkaian Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) Tahun 2020, telah dilaksanakan seleksi tingkat wilayah pada tanggal 4 sampai dengan 7 Agustus 2020 secara daring.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri, maka diundang peserta sebanyak 200 orang (50 mahasiswa per bidang), yang berhak mengikuti seleksi tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada hari Senin- Kamis, tanggal 7-10 September 2020.

Pelaksanaan seleksi akan dimulai pukul 08,00 WIB sampai selesai bertempat di lokasi masing-masing peserta (via Zoom). ID Zoom dan Password dapat dilihat pada undangan.

Bagi peserta seleksi KN MIPA tingkat nasional tahun 2020 diwajibkan untuk mengisi data/ konfirmasi melalui http://ringkas.kemdikbud.go.id/konfirmasiKNMIPA paling lambat tanggal 6 September 2020.

Tata Tertib Pelaksaaan Tes Final KNMIPA

1. Pastikan menggunakan komputer/laptop dan bukan gadget/HP. Operating system yang digunakan minimal Windows 7 (khusus pengguna Windows), MacOs X 10.10 dan Linux setara Ubuntu 16.04 LTS. RAM minimum 4GB. Panitia KN-MIPA tidak bertanggungjawab atas keadaan komputer/laptop peserta yang tidak memenuhi standar minimal.

2. Pastikan koneksi internet stabil selama tes berlangsung dan memiliki kuota internet yang cukup (estimasi adalah 1GB per jam tes pelaksanaan). Panitia KN-MIPA tidak bertanggung jawab atas keadaan koneksi internet peserta.

3. Komputer/laptop harus memiliki webcam dan berfungsi dengan baik.

4. Wajib menggunakan web browser google chrome / firefox / edge versi terbaru (safari tidak disarankan untuk digunakan).

5. Memiliki aplikasi (bukan ekstensi web browser) zoom terbaru yang di unduh di laman https://zoom.com/download.

6. Pastikan tidak terjadi proses Windows Update atau MacOS Update selama pelaksanaan tes.

7. Peserta wajib berpakaian sopan selama tes berlangsung, sangat dianjurkan Anda menggunakan jaket almamater.

Petunjuk Umum Sebelum Memulai Tes

1. Peserta wajib bergabung ke technical meeting dan acara pembukaan dalam platform zoom meeting yang telah disediakan oleh panitia 15 menit sebelum acara dimulai.

2. Nama peserta pada saat masuk ke zoom wajib dalam format nomor peserta_nama

3. Peserta wajib mengikuti 2 technical meeting.

a. Technical meeting umum yang diikuti oleh semua bidang.

b. Technical meeting khusus per-bidang.

4. Peserta wajib menyimak penjelasan selama technical meeting.

5. Fitur Video wajib dinyalakan selama technical meeting dan selama tes berlangsung.

6. Peserta akan dibagi ke “ruangan kecil” dengan fitur breakout room zoom. Peserta wajib MENYALAKAN FITUR VIDEO dan MELAKUKAN MUTE MIC selama tes berlangsung.

7. Saat pengawas memerintahkan peserta untuk memulai tes, maka peserta dapat meminimize window zoom, lalu membuka aplikasi lomba menggunakan web browser.

8. Peserta untuk bidang Matematika dan Fisika wajib menyediakan kertas HVS polos untuk lembar jawaban dan “kotretan”.

Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) Tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh pada link di bawah ini.

  • Jadwal KNMIPA Nasional Tahun 2020 (Unduh)
  • Tata Tertib Pelaksanaan Final KNMIPA 2020 (unduh)
  • Undangan Peserta Final KNMIPA Tahun 2020 (Unduh)

Demikian Petunjuk Pelaksanaan Juklak KNMIPA Nasional Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan