Pertanyaan yang Sering Muncul FAQ Seputar Rekrutmen SDM PKH

Pertanyaan yang Sering Muncul FAQ Seputar Rekrutmen SDM PKH

Amongguru.com. Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) adalah tenaga pelaksana PKH yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jaminan Sosial Keluarga untuk jangka waktu tertentu.

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga dan/seseorang miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin, diolah oleh Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial dan ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Pendamping Sosial SDM PKH menjalankan fungsi fasilitasi, mediasi dan advokasi bagi keluarga penerima manfaat PKH dalam mengakses fasilitas kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial dan memastikan KPM PKH memenuhi kewajibanya sesuai ketentuan dan persyaratan guna perubahan perilaku keluarga yang lebih baik.

Baca : Rekrutmen SDM PKH 2022 (Syarat, Ketentuan, dan Tata Cara Pendaftaran)

Tugas utama pendamping PKH adalah melaksanakan seluruh tahapan pelaksanaan PKH, yaitu pertemuan awal, validasi calon KPM, pemutakhiran data, verifikasi komitmen kehadiran di layanan pendidikan dan kesehatan, mengawal penyaluran bantuan, melakukan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), melakukan penanganan pengaduan, membuat laporan serta menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan PKH di lapangan.

Pendaftaran rekrutmen Pendamping Sosial SDM PKH dilakukan secara online melalui laman https://sdmpkh.kemensos.go.id.

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering muncul FAQ seputar rekrutmen SDM PKH.

Demikian pertanyaan yang sering muncul FAQ seputar rekrutmen SDM PKH. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan