Perpanjangan Waktu Input Nomor HP Bantuan Kuota Internet Siswa

Perpanjangan Waktu Input Nomor HP Bantuan Kuota Internet Siswa

Amongguru.com. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memfasilitasi pemenuhan kuota internet peserta didik.

Pemberian bantuan kuota internet bagi peserta didik tersebut untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

Bantuan kuota internet bagi peserta didik ini bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring (online).

Pemberian pulsa pada peserta didik dilakukan dalam bentuk kuota internet karena sifat pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara daring.

Pembelajaran jarak jauh merupakan pilihan yang tepat pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Kebijakan PJJ diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan.

Pemerintah juga terus berupaya untuk memastikan bahwa PJJ ini dapat berjalan dengan baik bagi seluruh peserta didik di Indonesia.

Semua langkah di bidang pendidikan akan dilakukan pemerintah untuk merespon perkembangan situasi selama pandemi Covid-19.

Langkah tersebut termasuk mengidentifikasi beberapa masalah utama dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Baca : Media Pembelajaran Daring Online Program Belajar Dari Rumah

Pemerintah menyadari bahwa selama ini proses pembelajaran daring banyak mengalami kendala.

Kendala terutama pada ketersediaan kuota internet, khususnya bagi keluarga dengan ekonomi rendah. Untuk itulah program pemberian bantuan kuota internet bagi peserta didik diadakan.

Pemberian bantuan pulsa berupa kuota internet ini akan menggunakan skema dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Terkait dengan hal tersebut, maka Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Surat Nomor 8202/C/PD/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik.

Di dalam surat diinformasikan bahwa berkenaan dengan implementasi SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan bantuan kuota internet untuk memperlancar proses belajar mengajar bagi peserta didik selama masa pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia diminta untuk menugaskan kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan agar melengkapi Nomor Handphone untuk peserta didik yang aktif melalui aplikasi Data Pokok Kependidikan (Dapodik).

Perpanjangan Waktu Input Nomor HP Peserta Didik Bantuan Kuota Internet

Di dalam Surat Nomor 8202/C/PD/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik disampaikan bahwa pengisian data nomor Handphone ini harus dilakukan sebelum tanggal 31 Agustus 2020.

Menindaklanjuti surat tersebut, Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menerbitkan Surat Nomor 8310/C/PD/2020 tentang pemberitahuan perpanjangan waktu input HP peserta didik terkait program bantuan kuota internet.

Pada surat ini disampaikan bahwa tenggat waktu penginputan nomor HP peserta didik ke Aplikasi Dapodik diperpanjang sampai 11 September 2020.

Pemberian pulsa akan diberikan berdasarkan nomor handphone yang telah diinput dalam Aplikasi Dapodik.

Dengan demikian satuan pendidikan masih memiliki waktu yang cukup untuk melakukan penginputan nomor HP peserta didik yang akan mendapatkan bantuan kuota internet secara gratis dari Kemendikbud.

Baca : Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kurikulum Kondisi Khusus Tahun 2020

Surat Nomor 8310/C/PD/2020 tentang pemberitahuan perpanjangan waktu input HP peserta didik terkait pemberian bantuan kuota internet dapat dilihat dan di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai perpanjangan waktu input nomor HP bantuan kuota Internet untuk peserta didik. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan