Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru PTN

Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru PTN

Amongguru.com. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 73 ayat (7) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Pengertian Perguruan Tinggi Negeri, Program Sarjana, dan Program Studi

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh Pemerintah.

Program Sarjana adalah pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Sedangkan Program Studi adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi, dan/atau pendidikan vokasi.

Prinsip dan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN diselenggarakan dengan prinsip-prinsip sebagai berikut.

1. Adil

Adil artinya tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa dan kekhususan Program Studi di PTN yang bersangkutan.

2. Akuntabel

Akuntabel artinya dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas.

3. Fleksibel

Fleksibel artinya diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh paling banyak 2 (dua) kali UTBK.

4. Efisien

Efisien artinya penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu.

5. Transparan

Transparan artinya pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan diakses secara mudah.

Jalur Penerimaan

Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui :

1. Seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN)

Jalur seleksi ini dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik, nonakademik, dan/atau portofolio calon mahasiswa.

2. Seleksi bersama masuk PTN (SBMPTN)

Seleksi ini dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan talenta khusus yang ditetapkan PTN yang bersangkutan.

3. Seleksi lainnya

Seleksi lainnya dilakukan berdasarkan seleksi dan tata cara yang ditetapkan oleh masing-masing Pemimpin Perguruan Tinggi.

Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menetapkan dan mengumumkan jumlah Daya Tampung mahasiswa baru untuk SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi lainnya.

Daya Tampung mahasiswa SNMPTN untuk setiap Program Studi pada PTN ditetapkan paling sedikit 20% (dua puluh persen).

Daya Tampung mahasiswa SBMPTN Studi pada PTN selain PTN badan hukum ditetapkan paling sedikit 40% (empat puluh persen).

Daya Tampung mahasiswa SBMPTN untuk setiap Program Studi pada PTN badan hukum ditetapkan paling sedikit 30% (tiga puluh persen).

Daya Tampung mahasiswa seleksi lainnya untuk setiap Program Studi pada PTN selain PTN badan hukum ditetapkan paling banyak 30% (tiga puluh persen).

Daya Tampung mahasiswa seleksi lainnya untuk pada PTN badan hukum ditetapkan paling banyak 50% (lima puluh persen) dari Daya Tampung seluruh Program Studi.

Organisasi Pelaksana

Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi.

Lembaga tes masuk perguruan tinggi dibentuk oleh Menteri dan merupakan lembaga nonstruktural di lingkungan Kementerian. Dengan demikian, lembaga tes masuk perguruan tinggi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri.

Lembaga tes masuk perguruan tinggi sebagaimana dimaksud mempunyai tugas menyelenggarakan tes bagi calon mahasiswa masuk perguruan tinggi.

Persyaratan Peserta Seleksi dan Calon Mahasiswa

1. Peserta SNMPTN

Peserta SNMPTN harus memenuhi persyaratan:

  • siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan;
  • memiliki prestasi akademik dan/atau portofolio baik dan konsisten;
  • masuk kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah; dan
  • memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Peserta SBMPTN harus memenuhi persyaratan:

  • memiliki nilai UTBK yang masih berlaku;
  • memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah; dan
  • lulusan pendidikan menengah paling lama 3 (tiga) tahun terakhir.

Selain persyaratan tersebut, PTN dapat mempertimbangkan calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi unggul sebagai kriteria lain sesuai dengan talenta khusus yang ditetapkan PTN yang bersangkutan pada jalur SBMPTN.

Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan, tata cara dan penilaian terhadap calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi unggul sebagai kriteria lain sesuai dengan talenta khusus yang ditetapkan PTN yang bersangkutan.

Persyaratan untuk diterima sebagai mahasiswa baru PTN terdiri atas :

  1. mengikuti dan dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru;
  2. telah memiliki ijazah asli pada pendidikan menengah; dan
  3. memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PTN

Unduh Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada link berikut ini.

Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 (Unduh)

Baca :

Demikian informasi mengenai Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan