Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Stolon (Geragih) dan Contohnya

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Stolon (Geragih) dan Contohnya

Amongguru.com. Stolon merupakan modifikasi batang yang biasanya dikembangkan oleh tumbuhan terna. Tumbuhan terna adalah tumbuhan yang batangnya lunak, karena tidak membentuk kayu.

Stolon adalah jenis khusus dari modifikasi batang tanaman yang digunakan untuk memperbanyak dirinya sendiri. Batang stolon yang tumbuh dan menjalar memiliki ruas dan buku.

Stolon memiliki kemampuan untuk menghasilkan klon tanaman induk. sehingga memungkinkan tanaman untuk menjelajah tanah dengan mudah.

Banyak rumput yang mengelompok di daerahnya dengan cara stolon, seperti halnya beberapa tanaman air.

Stolon merupakan perpanjangan tunas yang tumbuh secara menjalar atau mendatar sejajar dengan permukaan tanah. Stolon menjadi organ perbanyakan vegetatif alami tumbuhan.

Anakan yang terbentuk dari stolon merupakan anakan vegetatif yang karakter dan sifatnya sama persis dengan induk.

Pada awalnya, klon yang berkembang pada stolon tergantung pada tanaman induk di dalam memperoleh nutrisi. Akan tetapi seiring waktu, tanaman itu akan menghasilkan akar sendiri dan tidak lagi membutuhkan nutrisi dari stolon tersebut.

Selain itu, dari klon yang terbentuk juga dapat keluar stolon itu sendiri, sehingga akan menambah jumlah koloni tanaman. Jaringan batang akan menjalar dengan cepat menutupi tanah dan menciptakan tanaman muda baru.

Pertumbuhan tanaman stolon yang sangat cepat ini kadang menjadi masalah, khususnya bagi petani. Tumbuhan stolon merupakan jenis tanaman invasif dan bertindak sebagai gulma tanaman lain, sehingga sangat sulit diberantas dengan tuntas.

Perbedaan Geragih dan Stolon

Gerahih dan stolon sama-sama merupakan bentuk modifikasi batang yang menjalar di tanah. Tetapi, kedua bentuk vegetatif pada tumbuhan tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Geragih merupakan batang yang menjakar di atas permukaan tanah dan jika batang tersebut tertimbun dengan tanah akan tumbuh menjadi tanaman baru. Contoh tumbuhan geragih di tas permukaan tanah adalah pegagan dan semanggi.

Sedangkan geragih yang menjalar di bawah permukaan tanah disebut stolon, Contoh tumbuhan yang menjalar di bawah permukaan tanah adalah rumput teki.

Baca :

Demikian ulasan mengenai perkembangbiakan tumbuhan secara stolon (geragih) dan ontohnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan