Peristiwa Anomali Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Peristiwa Anomali Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Amongguru.com. Anomali air dapat diartikan sebagai sifat pengecualian yang dialami oleh air. Sebagian besar zat (baik padat, cair, maupun gas) akan memuai jika dipanaskan dan jika didinginkan akan menyusut. Akan tetapi, kondisi tersebut tidak berlaku untuk air.

Air tidak selalu mengembang ketika mengalami kenaikan suhu. Pada saat dipanaskan dari suhu 0°C sampai 4°C, air justru akan mengalami pengerutan (penyusutan volume), sehingga massa jenisnya meningkat. Keadaan ini berbeda dengan zat cair pada umumnya.

Peristiwa Anomali Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Makhluk Hidup
Peristiwa Anomali Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Ketika suhu diturunkan dari 4°C ke 0°C, maka air akan mengembang yang menyebabkan volumenya membesar dan massa jenisnya mengalami penurunan.

Sedangkan pada saat suhunya berada antara 4°C sampai 100°C, air menampilkan perilaku yang sama dengan zat cair lainnya, yaitu memuai.

Anomali air terjadi karena molekul H2O dalam bentuk padat (es) penuh dengan rongga, sedangkan dalam bentuk cair (air) lebih rapat.

Dengan demikian, pada saat dipanaskan, molekul H2O (es) akan merapat lebih dahulu, akibatnya volumnya menjadi menyusut dan massa jenisnya meningkat.

  • Manfaat Anomali Air Dalam Kehidupan

Anomali air menyebabkan massa jenis es lebih kecil daripada air yang bersuhu 1°C sampai 4°C. Itulah sebabnya mengapa es dapat mengapung di atas permukaan air.

Es yang bersuhu 0°C ke bawah memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada air di sekitarnya. Sehingga air yang lebih hangat dan massa jenis lebih besar akan tenggelam ke bawah.

Begitu juga jika kita membuat es batu dengan menggunakan pendingin, volume air sebelum menjadi es akan jauh lebih kecil dibandingkan setelah seluruh air telah berubah menjadi es.

Adanya anomali air ini juga bermanfaat dalam kehidupan. Air yang membeku dalam bebatuan, karena volumenya membesar maka mampu memecahkan bebatuan.

Pecahnya bebatuan menyebabkan mineral dalam batuan akan keluar dan memberikan manfaat bagi kehidupan.  Jadi kemampuan air untuk masuk pada celah-celah bebatuan sangat dibutuhkan dalam kehidupan.

Anomali air juga dimanfaatkan oleh tumbuhan dan ikan-ikan yang berada di kutub. Karena anomali air inilah yang membuat ikan-ikan dan tumbuhan dapat hidup.

Bayangkan apabila air mengalami pemuaian yang sama dengan zat-zat yang lainnya, maka tumbuhan dan ikan yang berada di kutub akan mati.

Sifat anomali air juga mempengaruhi cuaca. Adanya anomali air akan menciptakan keseimbangan iklim, sehingga cuaca bumi tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Peristiwa Anomali Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan