Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Penyelenggara PPG Dalam Jabatan

Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Penyelenggara PPG Dalam Jabatan

Amongguru.com. Daftar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Penyelenggara PPG Dalam Jabatan tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 606 Tahun 2018.

KMA Nomor 606 Tahun 2018 secara khusus mengatur tentang Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan.

KMA Nomor 606 Tahun 2018 ini diterbitkan untuk melaksanakan Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) Peraturan Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2018 tentang Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Di dalam KMA Nomor 606 Tahun 2018 tersebut ditetapkan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Penyelenggara Program Pendidikian Profesi Guru sebagaimana tercantum  dalam Lampiran I, II, III, dan IV.

Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan terdiri atas Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha. Program Studi Pendidikan Profesi Guru Keagamaan Islam terdiri atas bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Akidah Akhlak, Quran Hadis, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Guru Kelas MI, dan Guru Kelas RA.  Penetapan PTK penyelenggara tersebut berlaku untuk tahun 2018 sampai dengan tahun 2020.

Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan pendidik agar menguasai kompetensi keguruan secara utuh sesuai Standar Nasional Pendidikan.

Dengan demikian, guru akan dapat melaksanakan tugas keprofesiannya secara bermutu dan berdaya saing setelah memperoleh sertifikat pendidik.

Program PPG dalam Jabatan dilaksanakan sesuai amanat undang-undang, baik Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen maupun Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Program PPG Dalam Jabatan diselenggarakan dengan tujuan agar lulusan dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional.

Sertifikat Pendidik merupakan bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru sebagai tenaga profesional. Proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen selanjutnya disebut sertifikasi.

KMA Nomor 606 Tahun 2018 tentang Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan secara lengkap dapat dibaca dan diunduh pada link berikut ini.

 

Unduh

Demikian daftar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Penyelenggara PPG Dalam Jabatan sesuai KMA Nomor 606 Tahun 2018. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan