Percobaan Sains Sederhana Mengamati Pergerakan Cahaya

Amongguru.com. Percobaan Sains Sederhana Mengamati Pergerakan Cahaya.

Cahaya merupakan suatu gelombang elektromagnetik yang tidak membutuhkan medium dalam perambatannya Sebaran cahaya memiliki sudut pancar yang lebih luas dibandingkan sudut pancar dari sumbernya. Sedangkan intensitas cahaya pada jarak tertentu menjadi lebih kecil daripada intensitas cahaya pada sumbernya

Hal ini berarti, semakin jauh pancaran cahaya, maka sebarannya semakin luas dan intensitasnya menjadi semakin berkurang.

Manusia dapat melihat suatu objek karena ada pergerakan cahaya Bentuk pergerakan cahaya tergantung pada permukaan objeknya. Cahaya dapat memantul di bidang yang licin, menyebar pada bidang tidak rata, atau pun menembus benda-benda yang transparan.

Percobaan Sains Sederhana Mengamati Pergerakan Cahaya

A.  Alat dan Bahan

  • Laser pointer
  • Ember plastik transparan
  • Air
  • Lilin malam

B.  Cara Kerja

  • Buat lubang di bagian sisi ember transparan.

  • Sumbat lubang pada sisi ember tersebut dengan lilin malam.

  • Isi ember dengan air hingga hampir mencapai penuh.

  • Arahkan laser ponter ke sisi luar ember. Letakkan tangan di dekat sisi lain ember. Apakah cahaya laser keluar melewati ember?

  • Buka sumbat yang tadi dipasangkan pada ember Arahkan laser di sisi lain, tepat di dinding ember yang berseberangan dengan lubang. Letakkan tangan di bawah pancaran air yang keluar.

C.  Hasil Percobaan

Ketika lubang pada ember ditutup dan laser diarahkan pada sisi luar ember, maka cahaya laser akan berjalan lurus melewati ember. Pada saat sumber lilin malam dibuka, cahaya laser tidak lagi pergerak lurus, akan tetapi bergerak mengikuti arah aliran air. Saat tangan diletakkan di bawah pancaran air, akan tampak bayangan laser di tangan.

D.  Penjelasan Sains

Air adalah salah satu medium yang berperan sebagai cermin bagi cahaya dan sebagai pembatas agar cahaya tidak berjalan lurus. Aliran air yang berbelok akan menyebabkan terjadinya cahaya, yang berlaku sebagai partikel, dipantulkan berkali-kali mengikuti lintasannya. Hal tersebut menyebabkan seolah-olah cahaya laser dapat dibelokkan.

Air mancur merupakan salah satu contoh penerapan prinsip pembelokan cahaya. Caranya adalah dengan menempatkan lampu laser pada sumber air mancur. Adanya lampu laser pada sumber air ini akan menyebabkan air memacar keluar dan terlihat berwana-warni dengan efek warna yang indah

Silahkan baca juga artikel terkait berikut ini.

Sumber : Nita Sudarjo dan Ina Suryono. 2009. Ensiklopedia IPA (Percobaan Sains 1). Jakarta: PT Lentera Abadi.
Demikian ulasan mengenai Percobaan Sains Sederhana Mengamati Pergerakan Cahaya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan