Percobaan Sains Sederhana Memperbesar Kristal Garam

Percobaan Sains Sederhana Memperbesar Kristal Garam

Amongguru.com. Kristalisasi merupakan salah satu teknik pemisahan campuran. Pada dasarnya, kristalisasi adalah proses pembentukan kristal padat dari endapan larutan, pelelehan padatan maupun hasil deposit gas. Proses kristalisasi terdiri dari dua tahap, yaitu tahap nukleasi dan tahap pertumbuhan kristal.

Tahap nukleasi merupakan tahap awal dimana molekul padatan yang terdispersi ke dalam larutan akan berkumpul dan berikatan sehingga membentuk bibit kristal berukuran sangat kecil.

Sedangkan tahap pertumbuhan kristal adalah proses lanjutan dari nukleasi, dimana bibit kristal yang telah mencapai besar ukuran tertentu akan mengikat atom-atom lain membentuk struktur kristal yang sama, sehingga ukuran kristal akan semakin membesar.

Percobaan Sains Sederhana Memperbesar Kristal Garam

A.  Alat dan Bahan

  • Garam
  • Satu buah piring datar
  • Air
  • Gelas
  • Benang

B.  Cara Kerja

  • Masukkan garam ke dalam gelas yang berisi air, aduk sampai larut. Tambahkan garam ke dalam gelas sehingga tidak ada lagi garam yang dapat larut.

  • Tuang sebagian air garam ke dalam piring.

  • Jemur piring di bawah sinar matahari dan tunggu sampai airnya menguap.

  • Setelah air menguap, akan terlihat banyak kristal garam berukuran kecil di atas piring.

  • Ambil kristal berukuran besar dan ikat dengan benang. Gantung kristal di dalam gelas berisi air garam, diamkan selama kurang lebih tiga hari.

Percobaan Sains Sederhana Memperbesar Kristal Garam

C.  Hasil Percobaan

Setelah beberapa hari, kristal akan tumbuh membesar. Ketika air garam di dalam gelas menguap, maka sejumlah kristal kecil akan tertinggal di dalam air. Kristal kecil tersebut kemudian bergabung dengan kristal yang lebih besar yang tergantung pada benang. Hal inilah yang menyebabkan kristal bertambah menjadi lebih besar.

D.  Penjelasan Sains

Di dalam eksperimen tersebut, air mengandung garam sehingga dilakukan penjemuran agar air menguap. Selama terjadi penguapan, ion natrium (Na+) dan ion klorin (Cl) yang larut dalam air akan bergabung kembali membentuk kristal garam yang lebih besar.

Apabila ditantung di dalam air garam, maka kristal akan membesa r pada saat air menguap. Proses ini dinamakan rekristalisasi. Rekristalisasi sering dimanfaatkan untuk memurnikan suatu bahan.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut ini.

Sumber : Nita Sudarjo dan Ina Suryono. 2009. Ensiklopedia IPA (Percobaan Sains 1). Jakarta: PT Lentera Abadi.
Demikian ulasan mengenai Percobaan Sains Sederhana Memperbesar Kristal Garam. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan