Percobaan Sains Sederhana Membuat Plastik Dari Bahan Alam

Amongguru.com. Percobaan Sains Sederhana Membuat Plastik Dari Bahan Alam.

Plastik sudah menjadi bagian dari aktivitas hidup manusia sehari-hari. Fungsi plastik juga semakin berkembang seiring dengan perkembangan hidup manusia.

Plastik tidak lagi hanya sebagai pembungkus, akan tetapi sudah merambah fungsinya sebagai bahan alat-alat rumah tangga, bahkan untuk suku cadang mobil.

Plastik terbentuk dari unsur-unsur, seperti karbon, oksigen, hidrogen, klorin, belerang, dan nitrogen. Pada awalnya, plastik dibuat dari bahan-bahan yang diperoleh dari alam, seperti tanduk hewan, sekresi serangga, dan getah perca.

Bahan selulosa nitrat dapat dijadikan sebagai plastik dengan menambahkan kamper. Plastik sintetis pertama yang dikomersilkan disebut seluloid dan digunakan sebagai bahan pembuat sisir, gigi palsu, serta bingkai kacamata.

Perkembangan luar biasa tentang plastik terjadi pada tahun 1951, dengan ditemukannya polipropilena dan polietilena. Penemuan tersebut telah membuka jalan bagi berbagai produk plastik yang dikenal saat ini.

Percobaan Sains Sederhana Membuat Plastik dari Bahan Alam

A.  Alat dan Bahan

  • Susu
  • Air cuka atau jus lemon

B.  Cara Kerja

  • Panaskan setengah cangkir susu dengan nyala api yang kecil.

  • Setelah mendidih, tambahkan beberapa sendok cuka atau dapat diganti dengan jus lemon.

  • Biarkan dingin.

  • Setelah dingin, kemudian cuci dan bersihkan, maka akan terbentuk plastik.

C.  Penjelasan Sains

Asam dari air cuka atau jus lemon akan bereaksi dengan kasein yang ada di dalam susu, akibatnya terbentuk plastik. Suatu benda disebut sebagai plastik apabila memiliki kemampuan untuk dicetak dan tersusun atas bahan-bahan organik.

Plastik pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Parkes pada tahun 1862 di Inggris. Pada umumnya, plastik terbuat dari bahan baku minyak bumi, akan tetapi ada juga yang berasal dari bahan baku alami, misalnya pati singkong atau jagung.

Plastik adalah bahan yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme, sehingga sala satu cara mengurangi sampa plastik adalah dengan mendaur ulang. Daun ulang plastik bertujuan untuk mengolah sampah plastik menjadi biji plastik untuk digunakan lagi sebagai bahan dasar pembentuk plastik.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut ini.

Sumber : Nita Sudarjo dan Ina Suryono. 2009. Ensiklopedia IPA (Percobaan Sains 1). Jakarta: PT Lentera Abadi.
Demikian ulasan mengenai Percobaan Sains Sederhana Membuat Plastik dari Bahan Alam. Semoga bermanfat.

Tinggalkan Balasan