Percobaan Sains Sederhana Membuat Pelangi Berwarna Indah

Amongguru.com. Percobaan Sains Sederhana Membuat Pelangi Berwarna Indah.

Pelangi merupakan fenomena optik yang biasa terjadi setelah hujan. Pelangi terjadi ketika matahari dan hujan saling bereaksi dengan cara tertentu.

Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya. Cahaya matahari yang melewati sebuah tetes hujan akan dibiaskan ketika melewatinya. Proses pembiasan ini yang memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum (warna pelangi).

Percobaan Sains Sederhana Membuat Pelangi Berwarna Indah

A.  Alat dan Bahan

  • Satu buah cermin kecil
  • Air
  • Satu lembar kertas putih
  • Gelas kaca bening

B.  Cara Kerja

  • Masukkan air ke dalam gelas hingga hampir penuh. Letakkan gelas yang telah berisi air tersebut di bawah sinar matahari.

  • Masukkan cermin kecil ke dalam gelas dengan posisi miring tersadar di salah satu sisi gelas.

  • Gerakkan kertas disekeliling gelas yang berhadapan dengan cermin.

C.  Hasil Percobaan

Ketika kertas putih digerak-gerakkan pada sekeliling gelas yang berhadapan dengan cermin, maka akan muncul cahaya warna-wani pelangi.

D.  Penjelasan Sains

Pemantulan cahaya matahari yang dilakukan cermin akan memberikan warna-warna indah yang terlihat dengan jelas pada kertas. Terbukti bahwa cahaya matahari tidak hanya berwarna putih, akan tetapi terdiri dari warna pelangin, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya dibelokkan sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah.

Setiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda. Warna ungun merupakan warna yang pertama dibelokkan, sedangkan warna merah adalah warna yang terakhir dibelokkan.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut ini.

Sumber : Nita Sudarjo dan Ina Suryono. 2009. Ensiklopedia IPA (Percobaan Sains 1). Jakarta: PT Lentera Abadi.
Demikian ulasan mengenai Percobaan Sains Sederhana Membuat Pelangi Berwarna Indah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan