Percobaan Sains Sederhana Membuat Minuman Ringan (Soft Drink)

Amongguru.com. Percobaan Sains Sederhana Membuat Minuman Ringan (Soft Drink).

Soft drink atau dalam bahasa Indonesia disebut minuman ringan merupakan suatu produk minuman yang berisikan air, zat pemanis, penyedap serta, penyegar (air berkarbonasi). Minuman ini sudah cukup banyak diproduksi saat ini dengan berbagai varian rasa.

Soft drink  mulai diproduksi pada sekitar abad ke-17. Pada saat itu, produk sotf drink berupa air dan jus lemon yang diberi madu sebagai perisa. Selanjutnya pada abad ke-18, para ilmuwan menemukan cara membuat air berkarbonasi yang menggantikan air mineral berkarbonasi alami.

Caranya adalah dengan memasukkan gas karbon dioksida (CO2) ke dalam air dan menjaganya agar tetap terlarut. Pengaruh dari gas karbon dioksida inilah yang menyebabkan efek segar ketika soft drink dikonsumsi.

Penemuan ini menjadi awal dari diproduksinya berbagai macam produk softdrink sampai dengan sekarang.

Percobaan Sains Sederhana Membuat Minuman Ringan (Soft Drink)

A. Alat dan Bahan

  1. Air perasan 1 jeruk lemon
  2. Gelas bening
  3. Air matang
  4. Baking soda (1 sendok teh)

B.  Cara Kerja

  • Tuangkan air perasan jeruk lemon ke dalam gelas bening. Tambahkan air matang dengan jumlah yang sama dengan jumlah perasan jeruk lemon tersebut.

  • Masukkan satu sendok teh baking soda ke dalam gelas, lalu aduk.

C.  Hasil Percobaan

Ketika larutan diaduk, maka akan mulai terlihat adanya gelembung-gelembung gas karbon dioksida (CO2).

D. Penjelasan Sains

Munculnya gelembung-gelembung setelah dilakukan pengadukan larutan disebabkan saat baking soda (bersifat basa) ditambahkan ke air jeruk (bersifat asam), akan terjadi reaksi yang menghasilkan gas karbon dioksida (CO2).

Karbon dioksida akan menimbulkan gelembung, seperti pada saat kita minum minuman ringan (soft drink). Apabila diminum, maka percobaan yang dilakukan tersebut akan memberikan rasa yang sama ketika kita minum soft drink.

Penggunaan air perasan jeruk lemon pada percobaan ini dapat diganti dengan cuka atau larutan asam yang lainnya. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan, jika kita menggunakan cuka atau lauran asam lainnya pada percobaan tersebut. maka larutan yang dihasilkan tidak boleh diminum, karena sangat berbahaya bagi tubuh.

Sumber : Nita Sudarjo dan Ina Suryono. 2009. Ensiklopedia IPA (Percobaan Sains 1). Jakarta: PT Lentera Abadi.
Demikian ulasan mengenai Percobaan Sains Sederhana Membuat Minuman Ringan (Soft Drink)Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan