Percobaan Sains Sederhana Membuat Gerhana Matahari

Amongguru.com. Percobaan Sains Sederhana Membuat Gerhana Matahari.

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena alam dimana  bulan berada diantara bumi dan matahari dalam posisi sejajar pada satu garis lurus. Akibatnya, bulan akan menutupi sebagian atau seluruh cahaya matahari ke bumi.

Hanya daerah yang tidak terkena cahaya matahari saja akan mengalami gelap, akibat terhalang oleh bulan. Dengan demikian, tidak semua wilayah di permukaan bumi akan terkena dampak gelap karena gerhana matahari tersebut.

Percobaan Sains Sederhana Membuat Gerhana Matahari

A.  Alat dan Bahan 

  • Bola pingpong
  • Bola tenis
  • Senter

B.  Cara Kerja

  • Susun bola tenis., bola pingpong, dan senter di atas meja secara  berurutan pada satu garis lurus. Arahkan senter ke bola tenis.

  • Nyalakan senter.

  • Gerakkan bola pingpong ke arah kiri atau kanan.

C.  Hasil Percobaan

Ketika senter dinyalakan, cahaya yang terpancar dari senter ke bola tenis tertutup oleh bola pingpong. Akibatnya, ada bagian dari bola tenis yang tertutup oleh bayangan bola pingpong.

Saat bola pingpong digerakkan ke kiri dan ke kanan, bentuk bayangan yang ada pada bola tenis akan tampak berubah-ubah.

D.  Penjelasan Sains

Eksperimen yang dilakukan menggambarkan proses terjadinya gerhana matahari. Cahaya seter diumpamakan sbagai sinar matahari, bola pingpong sebagai bulan, dan bola tenis.

Saat gerhana matahati, bulan berada di antara bumi dan matahari, sehingga sebagian sinar matahari ke permukaan bumi tertutup oleh bulan.

Terdapat empat jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrida. Gerhana matahari total terjadi pada saat bulan menutup seluruh cahaya matahari yag mengakibatkan daerah yang tertutupi menjadi gelap total.

Gerhana matahari sebagian, terjadi apabila piringan bulan pada saat puncak gerhana hanya menutupi sbagian dari piringan matahari, sehingga daerah yang tertutupi hanya mengalami sebagian gelap.

Gerhana matahari cincin, terjadi apabila ukuran piringan bulan lebih kecil daripada ukuran piringan matahari, sehingga bagianpiringan matahari pada sekeliling bulan tampak seperti cincin yang bercahaya.

Gerhana bulan hibrida adalah peralihan (transisi) dari gerhana matahari total ke gerhana matahari cincin, shingga mengakibatkan di satu titik gerhana ini akan muncul sebagai gerhana matahari total dan pada titik lain muncul sebagai gerhana matahari cincin.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut ini.

Sumber : Nita Sudarjo dan Ina Suryono. 2009. Ensiklopedia IPA (Percobaan Sains 1). Jakarta: PT Lentera Abadi.
Demikian ulasan mengenai Percobaan Sains Sederhana Membuat Gerhana Matahari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan