Percobaan Sains Sederhana Membuat Baterai Jeruk

Amongguru.com. Percobaan Sains Sederhana Membuat Baterai Jeruk.

Baterai adalah alat lisrik kimiawi yang mampu menyimpan energi, kemudian mengeluarkannya dalam bentuk listrik. Sebuah baterai terbuat dari logam dan bahan kimia yang mampu menghasilkan arus listrik.

Di dalam baterai terdapat tiga komponen penting, yaitu batang karbon (anoda), seng (katoda), dan pasta (elektrolit). Baterai juga memiliki dua tempat kontak, yaitu tempat arus listrik untuk keluar masuk, yang dinamakan kutub.

Sebagian besar baterai memiliki satu kutub pada satu sisi di bagian ujungnya. Satu kutub dinamakan kutub negatif (-) dan kutub lainnya disebut kutub positif (+). Arus listrik akan mengalir dari kutub negatif ke kutub positif.

Terdapat dua jenis baterai, yaitu baterai primer (sekali dipakai) dan baterai sekunder (dapat diisi ulang).

Percobaan Sains Sederhana Membuat Baterai Jeruk

A.  Alat dan Bahan

  • 6 buah jeruk
  • 6 lembar pelat seng
  • Kawat
  • Lampu LED

B.  Cara Kerja

  • Tancapkan 1 lembar pelat tembaga dan 1 lembar pelat seng ke dalam 1 buang jeruk dengan jarak sekitar 5 cm. Lakukan kegiatan ini pada semua jeruk yang ada.

  • Hubungkan semua pelat tembaga dan pelat seng dengan kawat.

  • Hubungkan kawat pada jeruk yang satu ke jeruk yang lain.

  • Hubungkan kawat lampu LED, yang merupakan kutub negatif, ke pelat tembaga. Selanjutnya hubungkan kawat lampu LED, yang merupakan kutub positif, ke pelat seng. Setelah saling dihubungkan, maka akan terbentuk satu rangkaian tertutup.

Percobaan Sains Sederhana Membuat Baterai Jeruk

C.  Hasil Percobaan

Lampu LED akan menyala

D.  Penjelasan Sains

Lampu LED dapat menyala karena buah jeruk berperan sebagai penghantar arus listrik. Ketika pelat seng ditancapkan ke buah jeruk, maka ion seng mulai terurai. Ion seng akan masuk ke dalam jeruk dengan meninggalkan elektron di dalam pelat seng.

Pelat seng berperan sebagai katoda atau elektroda negatif, sedangkan pelat tembaga berperan sebagai anoda atau elektroda positif. Selanjutnya, elektron akan mengalir dari pelat seng ke pelat tembaga dan menghasilkan arus listrik.

Pada pelat tembaga, elektron akan bergabung dengan ion hidrogen asam dan menghasilkan hidrogen. Jeruk berperan sebagai elektrolit karena jeruk dapat berfungsi sebagai penyangga antara ion-ion dengan tembaga.

Sumber : Nita Sudarjo dan Ina Suryono. 2009. Ensiklopedia IPA (Percobaan Sains 1). Jakarta: PT Lentera Abadi.
Demikian ulasan mengenai Percobaan Sains Sederhana Membuat Baterai Jeruk. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan