Percobaan Sains Sederhana Membuat Angin Tornado dalam Kaleng

Amongguru.com. Percobaan Sains Sederhana Membuat Angin Tornado dalam Kaleng.

Tornado adalah sebuah angin dengan pusaran yang kuat pada skala menengah, sebagai arus kuar dari awan gelap yang merentang ke permukaan bumi.

Munculnya angin tornado sering disertai dngan satu atau beberapa pilar awan yang berbentuk mirip dengan belalai gajah. Tornado bergerak dari dasar awan kemudian menjulur ke bawah dengan diikuti badai angin dan hujan, serta petir atau batu es (rambun).

Apabila melewati daratan, tornado akan sangat membahayakan, karena dapat menumbangkan pohon, merubuhkan rumah, bahkan mampu menarik manusia, ternak, atau pun  benda-benda lain ke dalam pusarannya untuk dibawa ke tempat lain.

 Penyebab terjadinya angin tornado adalah udara panas yang terus menerus menghantam bumi yang akan menyebabkan suhu tanah meningkat. Dan ketika suhu panas meningkat, udara panas dan lembab yang ada di udara akan mulai naik dan semakin naik. Pada fase ini, sebuah awan petir mulai tercipta.

Percobaan Sains Sederhana Membuat Angin Tornado dalam Kaleng

Pergerakan udara ke atas yang terjadi sangat cepat dan adanya angin dari sisi samping, akan menyebabkan arah yang berbeda dan membentuk sebuah pusaran kerucut. yang berpilin, membentuk angin tornado.

Percobaan Sains Sederhana Membuat Angin Tornado dalam Kaleng

A.  Alat dan Bahan

  • Kaleng bening
  • Sabun cair
  • Air cuka
  • 1 buah sendok teh

B.  Cara Kerja

  • Masukkan air ke dalam kaleng hingga terisi seperempat tinggi kaleng.

  • Tambahkan satu sendok sabun cair dan satu sendok cuka ke dalam kaleng.

  • Tutup kaleng hingga benar-benar rapat. Kocoklah kaleng agar semua bahan tercampur merata.

  • Putarlah kaleng dengan posisi melingkar.

C.  Hasil Percobaan

Setelah kaleng diputar, akan terbentuk sebuah tornado kecil.

D.  Penjelasan Sains

Tornado dapat muncul di dalam kaleng karena adanya gerakan melingkar yang diberikan pada kaleng sehingga menghasilkan suatu pusaran air. Tornado merupakan suatu kolom udara yang berputar kencang dan terlihat seperi awan corong (funnel cloud).

Pusaran angin yang tergolong tornado akan menjulur dari permukaan tanah hingga dasar awan. Pada umumnya, angin ini hanya berlangsung dalam beberapa menit dengan kecepatan sekitar 177 km/jam dan akan menempuh jarak beberapa kilometer sebelum menghilang.

Sebagian besar tornado yang berada di belahan bumi utara memiliki pusaran yang berlawanan dengan arah jarum jam, sedangkan tornado yang dibagian selatan akan berpusar searah jarum jam.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut ini.

Sumber : Nita Sudarjo dan Ina Suryono. 2009. Ensiklopedia IPA (Percobaan Sains 1). Jakarta: PT Lentera Abadi.
Demikian ulasan mengenai Percobaan Sains Sederhana Membuat Angin Tornado dalam Kaleng. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan