Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

Amongguru.com. Tepat saat terjadinya gerhana matahari total di sebagian wilayah Amerika Serikat, Senin, tanggal 21 Agustus 2017, Google secara resmi merilis Android versi terbarunya, yang diberi nama Android 8.0 Oreo. Baca juga : Oreo Akhirnya Dipilih sebagai Nama Versi Android Terbaru Tahun 2017.

Sebagaimana tradisi Google dalam memberikan nama versi Android mereka dengan nama makanan ringan yang manis, maka Oreo akhirnya dipilih oleh Google sebagai kode Android terbaru ini. Sebelumnya, Android telah merilis Android 7.0 Nougat yang diresmikan penggunaannya pada bulan Agustus 2016.

Apabila dibandingkan dengan Android Nougat, maka banyak perubahan yang telah dilakukan oleh pengembang maupun pihak teknisi Android pada sistem operasi Android Oreo. Fitur-fitur baru pun bermunculan pada Android Oreo ini.

Demikian juga perubahan tampilan antarmuka, yang pasti akan membuat semakin betah penggunanya dalam melakukan aktifitas dengan smartphone. Fitur-fitur menarik sebagai kunci keunggulan Android Oreo dipastikan akan langsung dapat dinikmati oleh para pengguna smartphone.

Meskipun belum semua smartphone mendukung pembaharuan versi ke Android Oreo, tetapi dalam waktu dekat pihak pengembang pasti akan memberikan lisensi pembaharuan kepada semua jenis smartphone dengan sistem operasi Android.

Beberapa smartphone yang dipastikan akan mendapatkan pembaharuan secara gratis ke Android Oreo, antara lain Asus. Samsung. Nexus, Google Pixel, dan Motorola. Informasi lengkap mengenai daftar smartphone yang mendapatkan pembaharuan gratis ke Android Oreo dapat Anda klik di sini.

Bukan tanpa tujuan jika pihak pengembang maupun teknik Android selalu merilis sistem operasi Android yang terbaru. Di dalam setiap peluncuran Android versi terbaru pasti akan terjadi perubahan, baik dalam fitur-fiturnya maupun tampilan atarmuka.

Penambahan fitur-fitur baru maupun pembaharuannya dilakukan untuk menyempurnakan versi Android sebelumnya. Android 1.0 merupakan versi pertama dari sistem operasi Android yang dirilis pada tahun 2008 dan berhasil menyita perhatian pengguna smartphone pada waktu itu.

Sejarah perkembangan sistem operasi Android dari masa ke masa. telah membuktikan bahwa setiap peluncuran versi terbaru dari Android selalu laris manis di pasaran. Android telah menjelma menjadi sebuah sistem operasi smartphone yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Pada postingan kali ini akan dibagikan informasi mengenai perbedaan visual Android Nougat dengan Android Oreo. Berbagai fitur yang ditawarkan oleh Android Oreo memang terlihat lebih banyak ke performa dan dapur pacunya. Seperti yang dilansir dalam Ponsel Arena, maka berikut ini ulasan perbedaan visual Android Nougat dengan Android Oreo.

1. Fitur home screen

Tidak terdapat perubahan yang nyata antara fitur home screen pada Android Nougat dengan Android Oreo. Akan tetapi, apabila kita lebih jeli dalam memperhatikannya, maka ikon pada home screen di Android Oreo sedikit lebih simpel tetapi tetap tebal. Hal tersebut berkat adanya fitur adaptive icon pada Android Oreo.

Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

2. Fitur app drawer

Apabila dibandingkan dengan tampilan pada Android Nougat, maka tampilan app drawer pada Android Oreo tampak lebih ramai. Beberapa aplikasi baru dari Google yang dihadirkan bersamaan dengan pembaharuan ke Android Oreo, menjadikan app drawer di Android Oreo terlihat lebih banyak.

Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

3. Fitur pop up notification

Perubahan yang cukup signifikan terjadi pada tampilan antarmuka pop up notifikasi di Android Oreo. Jika sebelumnya, di Android Nougat, latar belakang pop up notifikasi berwarna putih dengan warna huruf hitam, maka pada Android Oreo terjadi sebaliknya. Latar belakang tampilan pop up notifikasi pada Android Oreo berwarna hitam dengan warna huruf putih.

Perubahan lainnya adalah posisi menu settings dan tanggal yang biasanya terlatak di bagian atas pop up notifikasi, sekarang berubah menjadi ke bagian bawah.

Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

4. Fitur menu setting

Perubahan besar juga terjadi pada tampilan menu setting, dimana menu setting pada Android Oreo lebih spesifik dibandingkan Android Nougat. Pada Android Oreo, tampilan menu pilihan akan digolongkan berdasarkan topiknya.

Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

5. Fitur menu penyimpanan (storage)

Tampilan menu storage pada Android Oreo akan mengalami perubahan besar. Tampian storage pada Android Oreo terlihat lebih informatif dan modern. Hal tersebut disebabkan karena semakin banyak tools yang ditampilkan untuk lebih memberikan manfaat pada penggunanya.

Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

6. Fitur menu battery

Tampilan menu battery pada Android Oreo juga akan alami perubahan. Tampilan menu battery pada Android Oreo tampak lebih modern dibandingkan tampilan menus battery di Android Nougat. Selain itu, menu battery pada Android Oreo banyak memiliki peralatan baru yang memudahkan dalam mengatur kinerja baterai.

Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

Demikian informasi tentang Perbedaan Visual Android Nougat dengan Android Oreo

Semoga bermanfaat untuk referensi bacaan Anda, khusunya tentang perkembangan dunia teknologi Android.

 

Tinggalkan Balasan